Melihat Gambaran Stadion Multifungsi Indoor di Kompleks GBK untuk Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023

- 9 Februari 2022, 17:20 WIB
Gambaran Stadion Multifungsi Indoor di Kompleks GBK untuk Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023
Gambaran Stadion Multifungsi Indoor di Kompleks GBK untuk Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 /PUPR

JAKSELNEWS.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Desember 2021 telah memulai pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) atau stadion multifungsi di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK).

Pembangunan guna mendukung pelaksanaan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023. Progres konstruksi stadion hingga akhir Januari 2022 sudah mencapai 4,0% atau lebih cepat dari rencana sebesar 0,8%  dengan target rampung Juni 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dukungan infrastruktur sarana dan prasarana olahraga menjadi bagian dari upaya pembinaan atlet untuk berprestasi di tingkat internasional.

“Insya Allah dengan prasarana yang baik dan semangat berlatih yang tinggi akan memberikan hasil seperti yang kita harapkan,” kata Menteri Basuki. 

Baca Juga: Peringati HPN 2022, Presiden Jokowi Dorong Penataan Ekosistem Industri Pers

Stadion indoor dibangun di atas lahan seluas 30.720 m2 dan luas tapak bangunan 20.852,79 m2 dengan fungsi utama sebagai Lapangan Basket yang memiliki 1 FOP dan 2 lapangan latihan.

Lokasi stadion indoor berada tidak jauh dari GOR Indoor Basket Hall A Kompleks GBK dengan kapasitas menampung 16.088 penonton. 

Pembangunan stadion ini dilaksanakan melalui skema Kontrak Tahun Jamak atau Multi Years Contract (MYC) 2021 - 2023 senilai Rp639,1 miliar dengan kontraktor PT Adhi Karya - PT Nindya Karya - PT Penta (KSO).

Adapun pekerjaan dilaksanakan meliputi struktur, arsitektur, mekanikal, dan elektrikal, pembangunan lapangan dan peralatan pertandingan, lapangan latihan, changing room, tribun, royal box, sistem pencahayaan, akustik, sound sistem, visual sistem, tiketing, sistem proteksi kebakaran, sistem transportasi dalam gedung, dan pemenuhan kriteria bangunan gedung hijau. 

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: PUPR


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x