5 Tips Aman Setir Mobil Saat Hujan, Simak Yuk!

- 9 Februari 2021, 10:00 WIB
Tips berkendara di saat hujan. (Pixabay)
Tips berkendara di saat hujan. (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Musim hujan sudah berjalan beberapa bulan di Indonesia. Para pengendara motor dan mobil tentu harus mempersiapkan diri ketika sedang berkendara di kala hujan datang sebab berkendara saat hujan perlu kewaspadaan ekstra.

Banyak risiko yang mengancam ketika berkendara menggunakan mobil di kala hujan, misalnya seperti kondisi jalan raya ketika hujan turun akan membuat jalanan menjadi licin. Faktor lainnya adalah jarak pandang yang terbatas ketika hujan begitu deras.

Oleh karena itu, perlu konsentrasi penuh ketika berkendara, apalagi di kala hujan. Berikut adalah tips dan trik berkendara di kala hujan turun.

Baca Juga: 5 Tips Berkendara Aman saat Terobos Genangan di Musim Hujan

1. Kurangi Kecepatan

Segera kurangi kecepatan mobil ketika melalui kawasan yang sedang turun hujan. Dengan begitu, pengemudi memiliki kontrol lebih baik atas mobil di tengah kondisi jalan yang sulit dipantau.

Selain itu, terkait pula dengan performa kendaraan yang menurun di tengah hujan deras, seperti ban dan rem yang mempunyai peran sangat penting dalam menjaga laju mobil. Mudahnya, kecepatan mobil dikurangi sekitar 20-30 km/jam atau sekitar 20% dari kecepatan normal.

Baca Juga: Ternyata Tak Sembarangan, Begini Cara Mengerem Sepeda Motor pada Kecepatan Tinggi

2. Fokus dan Waspada

Berkurangnya daya pandang dan performa mobil di waktu hujan membuat pengemudi harus menaikkan fokus berkendara dan lebih waspada pada kondisi sekitar. Hati-hati dalam manuver, gerakkan kemudi dengan halus dan tidak menginjak pedal gas terlalu dalam.

Kendalikan mobil supaya selalu berada di jalur yang tepat dan tidak mengganggu pengguna jalan lain. Waspada genangan air, termasuk potensi banjir dan jaga emosi bila ada pengguna jalan lain berlaku seenaknya, demikian seperti diberitakan kembali oleh Jakselnews.com dari artikel Pikiran-Rakyat.com berjudul Gagal Fokus Bisa Celaka, Berikut 5 Tips Aman Berkendara Saat Hujan.

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x