Terjawab! Motor “Nyendat-Nyendat” Bisa Jadi karena Masalah pada Bagian Ini Saja

- 9 Februari 2021, 14:25 WIB
ILUSTRASI busi untuk motor
ILUSTRASI busi untuk motor /Dok NGK Busi Indonesia

JAKSELNEWS.COM - Banyak perangkat penting di sepeda motor yang harus diganti jika sudah terjadi gejala yang menunjukkan terjadinya kerusakan. Contohnya, seperti pada perangkat penting yang satu ini, busi. Busi salah satu perangkat motor yang penting karena dengan adanya busi motor bisa hidup.

Busi merupakan perangkat yang menyalakan pengapian dari mesin dan memberikan tenaga pada kendaraan roda dua tersebut. Jika motor mengalami gejala “nyendat-nyendat” ketika digunakan, maka itu tandanya motor yang anda pakai memiliki masalah dengan busi dan komponen busi lainya seperti insulator.

Insulator adalah bagian busi yang berfungsi untuk mencegah bocornya arus bertegangan tinggi yang dialirkan koil ke elektroda pusat busi.

 Baca Juga: Catat, Jangan Lakukan Ini Ketika Sedang Membersihkan Busi, Bisa Menyebabkan Motor Mati!

Kerusakan yang terjadi pada insulator busi biasanya berupa keretakan pada dinding insulator. Hal ini akan membuat busi tidak bisa menahan aliran daya listrik yang diperlukan untuk memercikkan api.

Pembakaran menjadi tidak optimal yang berujung dapat memicu terjadinya misfire atau proses pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar bahkan dapat juga mengakibatkan mesin gagal start. Biasanya kerusakan insulator terjadi karena adanya dua hal yaitu :

- Busi terbentur dalam momentum yang keras dengan material yang lebih kuat

- Proses pemasangan busi menggunakan kunci busi yang tidak sesuai atau menggunakan sembarangan kunci busi

Busi yang sudah mengalami kerusakan seperti itu sebaiknya diganti saja dengan yang baru, demikian sebagaimana diberitakan kembali oleh Jakselnews.com dari artikel Pikiran-Rakyat.com yang berjudul Akselerasi Kendaraan Ngadat? Cek Komponen Busi Ini yang Mungkin Saja Rusak! .

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x