Tips Cek Kondisi Ban Supaya Mobil Siap Terjang Genangan Air

- 9 Februari 2021, 19:23 WIB
ILUSTRASI Ban Mobil.*
ILUSTRASI Ban Mobil.* /PIXABAY/



JAKSELNEWS.COM -
Indonesia masih terus diguyur hujan. Bagi para pemilik kendaraan, baik mobil ataupun motor harus mempersiapkan segala sesuatunya pada kendaraan mereka untuk menghadapi musim hujan. Salah satu bagian kendaraan yang harus diperhatikan adalah kondisi ban.

Ban merupakan salah satu komponen yang penting pada mobil maupun motor. Ban merupakan salah satu komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalanan, sehingga kondisi ban mempengaruhi performa mobil atau motor yang sedang kita kendarai. Ban juga menjadi salah satu penentu keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.

Boediarto, Head of After Sales & CS Operation PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan, pemilik kendaraan dapat memeriksa kondisi ban dengan beberapa cara sederhana. Salah satunya adalah memeriksa tekanan angin dan kondisi keausan ban.

Baca Juga: 5 Tips Aman Setir Mobil Saat Hujan, Simak Yuk!

"Sebagai komponen mobil yang bergerak yang secara langsung bersentuhan dengan permukaan jalan ban memiliki peranan penting dan membutuhkan pengecekan dan perawatan secara berkala," terang Boediarto dalam siaran persnya.

"Pengecekan dan perawatan dapat dilakukan oleh pengguna dengan melakukan rotasi ban, memeriksa tekanan udara, melakukan spooring dan balancing, serta mempersiapkan kondisi ban cadangan," tambah dia.

Dilansir Berikut adalah cara mengecek kondisi ban sebagaimana diberitakan kembali oleh Jakselnews.com dari artikel Galamedianews.com yang berjudul Memasuki Musim Hujan, Jangan Lupa Cek Kondisi Ban Mobil 

1. Cek Tekanan Udara

Poin ini adalah hal pertama dan sangat mendasar dalam rutinitas pengecekan ban. Anda dapat dengan mudah melihat sekeliling mobil, apakah ada ban yang kempes atau tekanan udaranya berkurang. Selain demi keamanan dan kenyamanan, tekanan udara yang sesuai dengan spesifikasi akan membuat usia ban lebih panjang dan hemat bahan bakar.

Jika tekanan udara pada ban kurang, maka risiko mengalami pecah ban lebih besar karena dinding samping ban dipaksa bersentuhan dengan jalan dan pada akhirnya menjadi aus/tipis sehingga tidak akan kuat menahan bobot mobil

Baca Juga: Sudah Bisa Dibeli! Ini 9 Pilihan Mobil Listrik yang Ada di Indonesia Plus Harganya

2. Ukuran Standar Tekanan Udara

Untuk melihat ukuran tekanan udara sesuai standar pabrikan, Anda bisa melihat pada stiker yang biasanya terdapat pada pilar B bagian kanan pintu depan mobil, pada sisi pengemudi.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x