Busi Motor Sudah Harus Segera Diganti Jika 5 Gejala Ini Sudah Muncul

- 11 Februari 2021, 06:00 WIB
Busi motor. (A.W.WICAKSANA/ SMI)
Busi motor. (A.W.WICAKSANA/ SMI) /

JAKSELNEWS.COM - Banyak perangkat penting dimotor yang harus diganti jika sudah tidak lagi berfungsi dengan baik. Salah satunya adalah busi, komponen pengapian mesin.

Karena memiliki usia yang relatif lama, maka penggunaan busi harus benar-benar dipantau. Dengan ini, bukan berarti penggunaan busi yang relatif lama namun diremehkan pemakainya karena bisa membuat motor anda mati.

Busi yang tidak mumpuni juga mempengaruhi performa motor. Salah satunya adalah membuat kendaraan roda dua anda menjadi tidak bertenaga dan tentunya bisa membuat motor menjadi tidak nyaman pada saat digunakan.

Baca Juga: Catat, Jangan Lakukan Ini Ketika Sedang Membersihkan Busi, Bisa Menyebabkan Motor Mati!

Berikut adalah gejala-gejala yang menandakan busi motor harus diganti. Ciri pertama busi harus diganti adalah motor sulit untuk dihidupkan, baik menggunakan starter electric, ataupun menggunakan engkol, motor tersebut tidak mau menyala. Hal ini dikarenakan busi motor sudah tidak mampu untuk memberikan percikan api yang dibutuhkan motor untuk menyala.

1. Gejala Nyendat (Berhenti Sesaat)

Gejala tersebut kemungkinan terjadi karena missed fire atau kekurangan percikan api dalam ruang bakar alias silinder. Penyebabnya adalah kinerja busi sudah menurun.

2. Terjadinya Surging

Surging berarti pasokan udara di dalam ruang bakar terlalu besar. Udara yang terlalu banyak menyebabkan busi kotor. Surging menyebabkan proses pembakaran dalam mesin tidak berjalan sempurna, demikian sebagaimana diberitakan kembali oleh Jakselnews.com dari artikel Pikiran-Rakyat.com yang berjudul Kenali 5 Gejala Busi Motor Sudah Harus Diganti, Terjadi Surging Salah Satunya.

3. Akselerasi Motor Tidak Maksimal

Ketika akselerasi motor sudah tidak maksimal ketika digunakan, hal itu menandakan bahwa busi motor sudah mulai bermasalah. Hasilnya, tarikan motor tidak responsif saat digas, akselerasinya pun menjadi tidak maksimal.

4. Suara Mesin Kasar

Seharusnya pada saat motor dinyalakan, suara mesin terdengar halus dan juga konstan. Tetapi jika ditemukan gejala suara mesin motor sangat kasar dan terasa ada getaran di bodi motor, bisa jadi itu salah satu pertanda busi motor minta diganti. (AldiroSyahrian/Pikiran-Rakyat.com)***

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x