Kena Sanksi AS, Huawei Kini Rambah Pasar Mobil Listrik

- 2 Maret 2021, 08:30 WIB
Ilustrasi Huawei / Foto: Istimewa
Ilustrasi Huawei / Foto: Istimewa /

JAKSELNEWS.COM - Tidak puas pada ponsel pintar saja, Huawei saat ini diketahui tengah merambah pasar mobil listrik. Bahkan, digadang-gadang Huawei akan meluncurkan deretan mobil listrik buatan mereka sendiri di tahun 2021 ini.

Saat ini diketahui Huawei bahkan tengah melakukan diskusi dengan produsen kendaraan asal China, Changen Automotive untuk menggunakan pabrik kendaraan mereka untuk membuat mobil listrik tersebut. Huawei juga tengah membahas rencananya ini dengan manufaktur kendaraan penumpang, BluePark New Energy Technology.

Rencana ini jelas membuat perubahan arah pada bisnis yang selama ini digeluti oleh Huawei. Hal ini menyusul tindakan AS yang memberikan sanksi terhadap merk dagang ponsel pintar ini sejak dua tahun lalu. Tak ketinggalan cara, demi mempertahankan brand di pasar internasional, Huawei akhirnya banting stir.

Huawei dimasukkan ke dalam daftar hitam penjualan smartphone pada era Trump karena dianggap lalai dalam sistem keamanan nasional. Itu membuat perusahaan asal China ini kehilangan penjualan hampir dua tahun belakangan ini.

Juru Bicara Huawei mengatakan, mereka bukan sedang memproduksi kendaraan listrik, tetapi menyediakan komponen yang berorientasi pada mobil digital baru. Huawei mulai merancang kendaraan listrik secara internal dan akan resmi memperkenalkannya di tahun ini. Serta menargetkan segmen pasar massal. Meski demikian pihak terkait belum mau mengatakan lebih lanjut soal rencana Huawei ini. ***

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x