Catat, Jangan Lakukan Ini Ketika Sedang Membersihkan Busi, Bisa Menyebabkan Motor Mati!

- 16 September 2020, 21:55 WIB
ILUSTRASI busi untuk motor /Dok NGK Busi Indonesia

JAKSELNEWS.COM - Busi adalah perangkat yang memiliki peran penting dalam sepeda motor dikarenakan perangkat kecil di dalam mesin motor ini berguna untuk memantik api di ruang pembakaran mesin yang membuat motor bisa nyala dan siap digunakan.

Namun, sama seperti komponen lainnya pada motor, busi rentan menjadi kotor karena selalu digunakan walaupun tidak terlihat karena adanya di dalam mesin.

Penyebab kotornya busi ini juga ada berbagai macam seperti penumpukan debu, kotoran, ataupun kerak yang timbul.

Kabar baiknya, kotoran pada busi ini bisa dibersihkan secara pribadi yang mengerti keadaan busi tersebut.

Namun, jangan sembarangan melakukannya karena busi bisa saja rusak dan motor tidak bisa dihidupkan kembali karena busi ini merupakan salah satu perangkat penting yang ada dimotor.

Lantas bagaimana cara membersihkannya secara yang tepat untuk dan aman untuk dilakukan? 

Dilansir Jakselnews.com dari artikel Pikiran-Rakyat.com yang berjudul Tidak Mau Mesin Motor Mati? Jangan Lakukan Ini Ketika Sedang Membersihkan Busi, berikut adalah cara membersihkan busi motor.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah Anda harus membuka tutup busi. Kesulitan membuka tutup busi ini bermacam-macam tergantung jenis motor Anda.

Membuka busi pun harus dilakukan secara hati-hati karena jika tidak dilakukan dengan benar, kabel busi bisa tertarik dan dapat mengakibatkan kop busi terputus. Akibat yang paling parahnya pun adalah membuat motor anda mati dan tidak bisa nyala kembali.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X