Ada Cerita Apa di Balik Tema Noken Papua di Google Doodle Hari Ini?

- 4 Desember 2020, 09:28 WIB
Google doodle bertema noken Keerom. (Google)
Google doodle bertema noken Keerom. (Google) /Google

JAKSELNEWS.COM -  Doodle pada Google hari ini, Jum’at 4 Desember 2020 mengangkat tema noken yang berasal dari pulau paling timur Indonesia, Papua.

Noken Papua adalah tas tradisional yang terbuat dari rajutan serat kayu. Salah atu hal unik lainnya adalah cara membawanya dengan membebankannya ke kepala, bukan pundak atau tangan selayaknya tas-tas lainnya.

UNESCO menetapkan pengakuan sebagai Warisan Budaya Dunia Tak Bergerak kepada Noken Papua di Paris, Prancis, tanggal 4 Desember 2012.

Noken terbuat dari bahan baku kayu pohon Manduam, pohon Nawa atau Anggrek hutan dan masih banyak lagi jenis pohon yang umum digunakan.

Menurut kepercayaan masyarakat Papua, tas tradisional Noken mempunyai makna filosofis tersendiri.

Noken juga dipercayai sebagai perlambangan kehidupan yang baik, perdamaian, dan kesuburan bagi masyarakat di tanah Papua.

Ada tiga macam ukuran Noken yang digunakan dalam fungsi yang berbeda.

Yatoo adalah sebutan Noken yang berukuran besar yang biasanya digunakan untuk mengusung hasil panen, bahan belanjaan dari pasar dan sejenisnya.

Sedangkan Gapagoo adalah Noken dengan ukurang sedang biasanya dipakai untuk membawa bahan belanjaan dalam ukurang yang tidak terlalu banyak.

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x