Apple Terapkan Aturan Baru untuk Pengembang Aplikasi di IOS 14

- 11 Desember 2020, 12:51 WIB
Tampilan App Privacy Apple.
Tampilan App Privacy Apple. /

JAKSELNEWS.COM - Apple akan menerapkan aturan baru untuk pengembang aplikasi iOS, yang akan menghalangi mereka melacak informasi pengguna tanpa persetujuan mereka.

Ini adalah bagian dari rangkaian kerja App Tracking Transparency (ATT) Apple dengan iOS 14, yang mewajibkan pengembang untuk menerima izin pengguna untuk melacak mereka atau mengakses iklan di perangkat mereka. Fitur baru tersebut akan tersedia awal tahun depan.

"Pengembang yang tidak memenuhi standar tersebut dapat di take down aplikasinya dari App Store," kata Craig Federighi, wakil presiden senior Apple untuk Rekayasa Perangkat Lunak, pada Konferensi Perlindungan Data & Privasi Eropa Tahunan ke-10 seperti dilansir pada USA Today.

Dengan fitur baru tersebut, pengembang juga harus menjelaskan mengapa mereka ingin melacak pengguna.

Pelacakan, termasuk menampilkan iklan, yang ditargetkan berdasarkan data pengguna yang dikumpulkan dari aplikasi dan situs web milik perusahaan lain, berbagi data lokasi perangkat atau daftar email dengan perantara data dan berbagi daftar email, ID iklan, atau ID lain dengan jaringan periklanan pihak ketiga

Pembaruan baru ini merupakan pukulan bagi industri periklanan seluler, di mana banyak perusahaan menggunakan data yang dikirimkan oleh penerbit atau pengembang yang terkadang diperoleh tanpa persetujuan.

"Beberapa pengiklan dan perusahaan teknologi akan lebih memilih ATT yang tidak pernah menerapkannya sama sekali," kata Federighi. "Ketika pelacakan invasif adalah model bisnis Anda, Anda cenderung tidak menerima transparansi dalam pilihan pelanggan."***

Penulis: Salsabila Jihan

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x