Lebih dari 500 Juta Data Pribadi Pengguna Facebook Telah Bocor Secara Online

- 7 April 2021, 11:15 WIB
Ratusan data pengguna Facebook termasuk data asli CEO Mark Zuckerberg bocor. /Antara

JAKSELNEWS.COM - Facebook saat ini memiliki reputasi yang sangat buruk dalam hal melindungi privasi penggunanya. Dalam laporan terbaru, lebih dari 500 juta data pribadi pengguna telah bocor.

Ini termasuk hal-hal seperti nomor telepon, ID Facebook, nama lengkap pengguna, lokasi, ulang tahun, alamat rumah, dan banyak lagi. Menurut Insider, mereka telah memverifikasi bahwa data ini akurat, setidaknya berdasarkan sampel yang mereka dapatkan dan periksa sendiri.

Mengutip laman Ubergizmo, Rabu (7/4) Facebook diketahui telah mengkonfirmasi kebocoran data tersebut. Itu bukanlah hal baru, kejadian tersebut terjadi pada tahun 2019 silam.

"Basis data sebesar itu yang berisikan informasi pribadi seperti nomor telepon, memicu pelaku kejahatan untuk memanfaatkannya. Atau hal terparah adalah upaya peretasan," kata seorang peneliti, Gal.

Gal menambahkan, apa yang bisa dilakukan pengguna sekarang? Secara realistis, tidak banyak yang bisa mereka lakukan. Hal terbaik saat ini mungkin akan lebih berhati-hati dalam memposting informasi pribadi Anda secara online, dan juga mengawasi kartu kredit serta email untuk memastikan bahwa informasi yang bocor tidak digunakan untuk menyamar sebagai Anda secara online atau dalam kehidupan nyata. ***

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X