J&T Express Jadi Startup Unicorn Baru Di Indonesia

- 13 April 2021, 20:53 WIB
J&T Express jadi Stratup Unicorn baru di Indonesia.
J&T Express jadi Stratup Unicorn baru di Indonesia. /

JAKSELNEWS.COM - Kabarnya Indonesia telah memiliki 5 startup yang berbasis Unicorn (valuasi di atas US$1 miliar). Startup terbaru yang mendapat gelar tersebut adalah J&T Express.

Kabar tersebut meruoakan hasil laporan dari lembaga riset CBInsight bertajuk The Complete List of Unicorn Companies. Dalam laporan tersebut, disebutkan terdapat 600 lebih startup Unicorn di Indonesia pada bulan April 2021, dikutip pada Selasa, 13 April 2021.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa valuasi J&T Express sudah mencapai US$7,8 miliar. Valuasi tersebut berhasil mengalahkan Tokopedia (US$7 miliar), Bukalapak (US$3,5 miliar), Traveloka (US$3 miliar), OVO (US$2,9 miliar). J&T berada di bawah Gojek dengan valuasi sebesar  US$10 miliar.

Baca Juga: Jakarta Jadi Kota Termahal Karena Whisky dan Tas Mewah Wanita

J&T Express merupakan perusahaan pengiriman barang yang didirikan pada tahun 2015. Startup ini didirikan oleh mantan eksekutif OPPO, Jet Lee dan Tony Chen. Selain itu, beberapa pemegang sahamnya adalah Formation Group, Sequoia Capital India, dan Warburg Pincus.

Menurtu laporan dari The Information, J&T Express baru saja mendapatkan dana sebesar US$2 miliar lebih dalam putaran pendanaan terbarunya. Beberapa inverstor yang mengirimkan dana tersebut yakni PE China Hillhouse Capital dan Boyu Capital, serta Sequoia Capital China.

Di Indonesia, J&T Express adalah mitra pengiriman dan e-commerce besar seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.

Baca Juga: Joe Biden Ucapkan Selamat Ramadhan Untuk Umat Muslim

Bloomberg melaporkan J&T Express sedang mempertimbangkan untuk mencatatkan sahamnya atau initial public offering di bursa saham Amerika Serikat (AS).***

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x