Ingin Buat Instagram Untuk Anak, Facebook Di Protes

- 17 April 2021, 13:55 WIB
Ilustrasi Instagram.
Ilustrasi Instagram. /Solen Feyissa on Unsplash

JAKSELNEWS.COM - Bulan lalu, Facebook kabarnya berecana membuat Instagram untuk anak. Namun ternyata hal tersebut menuai protes.

Sebelumnya, Facebook berencana akan membuat aplikasi Instagram for Children. Anak di bawah 13 tahun dapat menggunakan Instagram yang dikendalikan oleh orang tua.

Sebuah kelompok Campaign for a Commercial-free Childhood menyurati CEO Facebook, Mark Zuckerberg menyebutkan bahwa rencana tersebut tuai protes.

Baca Juga: Sedang Diet Karbo, Intip Resep Martabak Manik Tanpa Tepung

Menurut Campaign for a Commercial-free Childhood, platform foto seperti Instagram menurut mereka berbahaya untuk kesehatan dan privasi anak-anak. Bahkan, saat ini pun sebenarnya sudah banyak anak-anak yang memalsukan identitas mereka untuk menggunakan Instagram.

"Versi terbaru Instagram tidak aman untuk anak-anak di bawah 13 tahun dan sesuatu harus dilakukan untuk melindungi jutaan anak-anak yang berbohong soal umur mereka untuk membuat akun Instagram," tulis kelompok ini.

Kelompok ini khawatir bahwa aplikasi tersebut akan meng-ekploitasi masa penting dari pertumbuhan anak. Hal tersebut dikhawatirkan dapat berdampak pada kompetensi sosial, berpikir abstrak dan pengenalan diri di masa sekolah.

Baca Juga: Menu Buka Puasa Ala Jepang, Intip Resep Beef Teriyaki oleh Chef William Gozali

"Meluncurkan Instagram versi anak di bawah 13 tahun bukan solusi tepat dan membuat pengguna muda dalam risiko besar," kata mereka.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x