Mengenal Manfaat Software HR Serta Tips Memilihnya

- 25 Oktober 2022, 20:49 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi. /Pixabay/mohamed_hassan/


JAKSELNEWS.COM - 
Pekerjaan HRD semakin hari kian beragam dan banyak menghadapi banyak tantangan. Di satu sisi, HRD harus memaksimalkan manajemen SDM. Namun di sisi lain HRD juga harus berurusan dengan pekerjaan administrasi yang memakan waktu lama karena banyaknya komponen dari tiap karyawan. Menggunakan aplikasi HR merupakan salah satu alternatif yang dinilai ampuh untuk menuntaskan pekerjaan HRD lebih cepat dan tepat.

Adapun yang dapat Aplikasi atau Software HR lakukan cukup beragam, mulai dari otomatisasi penggajian, rekrutmen, perencanaan suksesi karyawan, penilaian kinerja, dan sebagainya. Keberadaan aplikasi dapat membuat pengerjaan berbagai tugas administrasi tersebut lebih efisien serta tidak membutuhkan banyak dokumen fisik.

Apa Itu Software HR?

Untuk memahami apa itu Aplikasi atau Software HR, Anda perlu memahami apa itu HRM karena keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat. HRM adalah praktik mengelola tenaga kerja dalam suatu organisasi untuk membantu bisnis mendapatkan keunggulan kompetitif. Dikenal juga sebagai departemen SDM, praktik ini dirancang untuk mengoptimalkan kinerja karyawan dalam mencapai objektivitas bisnis.

Baca Juga: Update Penyakit Mulut dan Kuku: 317.889 Ekor Ternak Sakit, 106.925 Sembuh, 2.016 Mati

Software HR atau yang juga dikenal sebagai HRMS (Human Resource Management Software) adalah perangkat lunak untuk mengelola berbagai kegiatan yang berkaitan dengan SDM melalui sistem yang tersentralisasi secara online. Ini berarti termasuk penggajian, pembayaran pajak, proses rekrutmen, kehadiran dan cuti, dan evaluasi kinerja karyawan.

Dengan Software HR, manajer HRD dapat melacak berbagai informasi tentang karyawan seperti data pribadi, pekerjaan, informasi gaji, pengeluaran, dan lain-lain. Manajer dan Staff HRD juga dapat membatasi siapa saja yang bisa mengakses sistem ini, informasi mana yang bisa dilihat oleh karyawan, dan mana yang hanya boleh diakses oleh manajemen.

Software HR adalah salah satu modul yang ada dalam sistem ERP yang juga dapat diintegrasikan dengan beberapa modul lain yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sama seperti sistem ERP, Software HR tersedia dalam beberapa jenis solusi yaitu perangkat lunak desktop (on-premise), perangkat lunak berbasis website (cloud), serta aplikasi desktop dan/atau mobile.

Fungsi Software HR bagi Perusahaan

Software HR telah menjadi salah satu perangkat lunak atau aplikasi yang wajib dimiliki oleh perusahaan, apapun jenis dan ukurannya. Ada banyak manfaat yang diberikan oleh perangkat lunak HRD ini, di antaranya adalah sebagai berikut.

Halaman:

Editor: Advertorial


Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x