Coba Saingi Chip Qualcomm, Samsung Berkolaborasi dengan ARM dan AMD

- 14 Agustus 2020, 08:17 WIB
Samsung bermitra dengan AMD dan ARM untuk produksi chip sendiri. (Gizmo China)
Samsung bermitra dengan AMD dan ARM untuk produksi chip sendiri. (Gizmo China) /Gizmo China

 

JAKSELNEWS.COM - Samsung saat ini berkolaborasi dengan ARM dan AMD dalam menghasilkan inti CPU khusus untuk jajaran prosesor Exynos. Upaya ini dilakukan kabarnya untuk menyaingi produsen prosesor Qualcomm.

Chip terbaru Samsung kemungkinan akan digunakan pada seri Samsung S30 dan generasi berikutnya. Tujuan chip ini dibuat yaitu ingin membawa nama Samsung menjadi perusahaan pembuat application processor (AP).

Dikutip Jakselnews.com dari laman Zona Priangan pada Kamis, 13 Agustus 2020 berjudul Samsung Bermitra Dengan ARM dan AMD, Membuat Chip Khusus Guna Menyaingi Qualcomm, Huawei telah kehilangan pasokan chip Kirin dari TSMC.

Raksasa teknologi Korea Selatan itu menjadi satu-satunya OEM Android dengan chip kustomnya sendiri. Meskipun SoC Exynos 990 terbarunya ini tidak setara dengan Qualcomm Snapdragon 865 dan 865+ SoC, dinamikanya dapat berubah dengan prosesor seluler andalan generasi mendatang.

Business Korea melaporkan bahwa inti CPU yang dihasilkan dengan bantuan dari ARM dan AMD akan membuat jajaran Exynos akan mengalami peningkatan yang besar.

Samsung telah bekerja sama dengan ARM dalam membuat inti CPU yang pembuatannya berdasarkan Inti Cortex-X. Di sisi lain, AMD akan membantu Samsung dalam kinerja grafis chip khusus pada waktu mendatang.

Saat ini Qualcomm masih memimpin dalam pemrosesan grafis dengan Adreno GPU-nya. Maka dari itu, untuk mengejar Qualcomm, OEM Korea Selatan akan meminta AMD mengembangkan GPU khusus untuk chip Exynos 2021-nya.

Selain itu, disebutkan bahwa NPU (neural processing unit) dan modem di chip terbaru akan dinilai lebih baik daripada penawaran yang diberikan Qualcomm. Meskipun, saat ini belum diketahui perusahaan mana yang menjadi unggulan.*** 

Editor: Setiawan R

Sumber: Zona Priangan


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x