Survei: Shopee Rajai Persaingan E-commerce di Riuhnya Kemeriahan Akhir Tahun 2021

- 4 Februari 2022, 09:05 WIB
E-commerce paling sering digunakan berdasarkan survei Ipsos. (Ipsos)
E-commerce paling sering digunakan berdasarkan survei Ipsos. (Ipsos) /E-commerce paling sering digunakan berdasarkan survei Ipsos. (Ipsos)

JAKSELNEWS.COM - Penghujung tahun selalu jadi momen yang dinanti masyarakat Indonesia. Betapa tidak, selain jadi penanda akan datangnya tahun baru dengan harapan-harapan baik yang dinantikan, penghujung tahun juga dimeriahkan dengan berbagai perayaan, sebut saja perayaan Natal dan perayaan pergantian tahun.

Pun, akhir tahun identik dengan periode liburan, di mana tak sedikit pula pekerja dari berbagai bidang industri, menerima rezeki lebih, baik dalam bentuk tunjangan hari raya (THR), maupun bonus akhir tahun. Belanja pun jadi aktivitas yang lumrah meningkat frekuensinya maupun volumenya menjelang akhir tahun. Wajar toh, kan rezeki juga sedang banyak.

Hal inilah yang lantas dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia untuk menggaet lebih banyak pengguna pada momen akhir tahun. Upaya yang dilakukan satu e-commerce untuk meningkatkan daya saing dibandingkan e-commerce lainnya pun beragam. Namun, pada intinya yang dilakukan adalah dengan meluncurkan inovasi, fitur, sampai penawaran menarik, agar konsumen mendapatkan pengalaman belanja online paling mutakhir. 

Baca Juga: Fitur Baru Shopee, untuk Bantu Jualan, Begini Caranya!

Masyarakat pun dimanjakan dengan berbagai penawaran tersebut. Pasalnya, mereka bisa memperoleh keuntungan maksimal saat berbelanja online. 

Menyoroti fenomena menarik di penghujung tahun 2021, Ipsos, perusahaan riset pasar global merilis hasil riset terkini mengenai maraknya persaingan industri e-commerce di Indonesia. Dalam risetnya, Ipsos menggunakan sejumlah indikator.

“Dalam survei ini, kami menggunakan 4 indikator, yaitu BUMO (Brand Use Most Often), seberapa merek/platform mana yang paling sering digunakan, Top of Mind, merek mana yang ada di urutan pertama benak konsumen, penetrasi konsumen, seberapa banyak jumlah penggunaan dalam jumlah transaksi, dan nilai transaksi dalam tiga bulan terakhir,” jelas Andi Sukma, Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia.

Hasil survei pun menyuguhkan data yang menarik. Dari tiga e-commerce utama dan terbesar di Indonesia, yakni Lazada, Shopee dan Tokopedia, adalah Shopee yang berada di peringkat pertama pada keempat indikator survei. 

Simak hasil survei selengkapnya dalam detail informasi berikut ini.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Ipsos


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x