8 Tips Membedakan Emas Anda Asli atau Palsu, Yuk Simak Informasinya

- 5 September 2020, 05:45 WIB
Ilustrasi emas. (Pixabay)
Ilustrasi emas. (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Emas memang merupakan alat investasi yang tak lekang oleh waktu. tetapi, jika anda ingin investasi menggunakan emas, anda harus mengetahui informasi tentang emas asli atau palsu. Jangan sampai uang yang anda keluarkan untuk membeli emas akan sia-sia jika itu emas palsu.

Untuk pemula yang baru ingin membeli emas, anda harus menggali informasi mengenai emas itu sendiri, apakah itu emas yang anda cari atau bukan, tingkat keasliannya pun penting untuk anda ketahui.

Berdasarkan laman Logam Mulia seperti yang diberitakan PR Bandung Raya berjudul Perlu Diketahui Sebelum Putuskan Investasi, Begini 8 Cara Mengecek Emas Asli atau Palsu berikut 8 cara mengetahui perbedaan emas asli dan emas palsu:

1. Gosokkan emas

Gosokkan permukaan emas Anda menggunakan telapak tangan atau telunjuk, jika warnanya pudar dan tidak sama, bisa dinyatakan itu emas palsu.

2. Menggoreskan di keramik atau kertas

Jika emas digores dan tidak ada bekas, itu bisa dinyatakan emas asli, tetapi hal ini bisa merusak emas itu sendiri, jadi harus perhatikan cara penggunaannya.

3. Menggigit emas

Untuk memastikan emas asli, anda bisa menggigit permukaan emas, jika ada bekas gigitan, itu emas asli. Tetapi, jangan terburu-buru untuk membelinya, karena bisa saja bahan material yang anda beli adalah timah yang sama-sama memiliki tekstur lunak. Semakin tinggi kadar karatnya, maka emas akan semakin lunak.

4. Fisik emas

Fisik emas asli atau palsu, anda bisa perhatian tanda khusus yang ada di emas batangan atau murni. Contohnya ada cap yang menandakan kadar emas. Biasanya menggunakan satuan fineness, tetapi lazimnya dikenal menggunakan satuan karat dalam angka mulai dari 10K, 18K, dan 24K.

5. Dekatkan dengan magnet

Sifat non magnetis emas jika didekatkan dengan magnet, emas tidak akan tertarik atau menempel. Tetapi, hal tersebut tak semata-mata menunjukkan keaslian emas, karena banyak logam yang memiliki sifat non magnetis juga.

6. Meneteskan asam

Cara ini biasa digunakan para pedagang emas dan toko perhiasan, jika anda berminat mencoba sendiri, harus berhati-hati, karena cairan asam nitrat merupakan cairan berbahaya untuk tubuh dan pernafasan.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: PR Bandung Raya


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini