5 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja untuk Raih Suksesmu

- 5 September 2020, 08:17 WIB
Tips membuat surat lamaran kerja. (Tech in Asia Indonesia)
Tips membuat surat lamaran kerja. (Tech in Asia Indonesia) /Tech in Asia Indonesia

JAKSELNEWS.COM - Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan dan membuat surat lamaran kerja, ada informasi menarik yang perlu diketahui. Indonesia akan memasuki masa bonus demografi pada tahun 2020-2030 dimana jumlah manusia dengan usia produktif akan melebihi jumlah manusia usia lanjut. Kondisi ini akan memberikan dampak positif bagi percepatan pembangunan ekonomi. Namun, kondisi bonus demografi juga menuntut adanya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), ditambah lagi dengan adanya revolusi industri 4.0. 

Lowongan kerja pun tersedia melalui berbagai platform, mulai dari situs online hingga iklan konvensional yang mungkin sering Anda baca di koran. Lalu, jika Anda merupakan salah satu generasi muda yang bersiap untuk melamar kerja, sebenarnya apa saja sih kriteria surat lamaran kerja (resume) yang akan menentukan kesuksesan Anda dalam meraih cita-cita pekerjaan impian?

1. Pelajari bidang pekerjaan dan perusahaan 

Pelajari bidang pekerjaan dan perusahaan. (Freepik)
Pelajari bidang pekerjaan dan perusahaan. (Freepik) Freepik

Anda perlu membaca dengan hati-hati apa saja kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan yang Anda incar untuk posisi pekerjaan tersebut. Mempelajari dan memahami profil perusahaan juga menguntungkan bagi Anda karena Anda dapat lebih mudah menyesuaikan kompetensi yang Anda milik dengan profil atau kebutuhan perusahaan sehingga memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan posisi pekerjaan tersebut. Dengan memahami profil perusahaan dengan kompetensi Anda, surat lamaran kerja yang Anda tulis akan lebih dilirik oleh perusahaan. 

2. Menulis resume yang menarik 

Tulis resume yang menarik. (Freepik)
Tulis resume yang menarik. (Freepik) Freepik

Buatlah surat lamaran kerja yang rapi, singkat, tetapi padat dan jelas. Jangan ragu untuk memasukkan setiap pencapaian yang Anda lakukan, mulai dari kerja magang yang berkaitan dengan keterampilan yang dibutuhkan pada posisi tersebut hingga kegiatan volunteering yang Anda lakukan. Susun paragraf atau poin yang jelas dan ringkas agar perusahaan dapat lebih cepat mengenali potensi Anda untuk posisi pekerjaan yang Anda inginkan. Selain itu, selalu perbaharui resume dan cantumkan setiap kegiatan yang berkaitan dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi pekerjaan impian Anda.   

3. Buatlah desain yang menarik 

Buat desain surat lamaran kerja yang menarik. (Kit8net)
Buat desain surat lamaran kerja yang menarik. (Kit8net) Kit8net

Buatlah surat lamaran kerja dengan desain yang sederhana tapi menarik. Berikan desain grafis yang bisa menutupi beberapa kekosongan antara beberapa teks atau gunakan template yang sesuai. Desain yang Anda buat tidak harus berwarna-warni, tetapi yang penting dapat mudah dipahami dan rapi. Selain itu, buatlah susunan yang baik dan hanya tuliskan informasi-informasi yang relevan dengan posisi pekerjaan yang Anda impikan. Buatlah kolom-kolom yang sesuai dan yang dibutuhkan untuk memperkuat profil Anda di mata perusahaan. 

4. Tulislah fakta 

 

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x