10 Macam Usaha Sampingan Modal Kecil untuk Mahasiswa dan Pelajar

- 20 September 2020, 21:44 WIB
Usaha sampingan. (Freepik)
Usaha sampingan. (Freepik) /Freepik

JAKSELNEWS.COM – Usaha sampingan cocok bagi Anda yang ingin memiliki penghasilan tambahan, terutama jika Anda adalah seorang mahasiswa dan sedang belajar untuk mandiri secara finansial.

Selain memiliki tanggung jawab untuk belajar, seorang mahasiswa tentunya harus memiliki kreatifitas agar dapat bersaing setelah lulus dari bangku kuliah.

Salah satunya adalah dengan melihat peluang yang ada, seperti peluang berbisnis untuk memiliki penghasilan tambahan.

Selain mendapatkan uang tambahan, dengan mencoba berbisnis Anda juga akan memiliki pengalaman baru. Anda pun bisa mulai belajar untuk mandiri secara finansial dan tidak bergantung lagi dengan orang tua.

Berbekal kreativitas dan keberanian dalam mengambil resiko, simak 10 ide usaha sampingan untuk mahasiswa dengan modal kecil berikut ini.

1. Bisnis toko online

Usaha sampingan toko online. (Freepik)
Usaha sampingan toko online. (Freepik) Freepik

Salah satu peluang yang dapat Anda jalani sembari menjalani kuliah adalah bisnis toko online atau online shop. Dalam menentukan barang yang ingin dijual, Anda bisa melakukan analisis pasar terlebih dahulu. Tak perlu modal besar, Anda dapat memulai bisnis online shop ini dengan menjadi reseller maupun dropshipper yang ditawarkan oleh banyak online shop. Selain itu, Anda bisa menawarkan produk yang Anda jual ke teman-teman di kampus atau memanfaatkan media sosial maupun marketplace untuk memasarkan produk Anda agar memiliki jangkauan yang lebih luas.

2. Usaha sampingan jasa les privat

Usaha sampingan jasa les privat. (Freepik)
Usaha sampingan jasa les privat. (Freepik) Freepik

Jika Anda percaya diri dengan kemampuan akademis Anda saat ini, Anda bisa mencoba membuka jasa les privat untuk anak sekolah berdasarkan latar belakang akademis yang  Anda miliki. Bisnis jasa ini akan memberikanmu uang saku tambahan yang lumayan, terlebih jika Anda memiliki beberapa murid sekaligus. Selain itu, Anda juga dapat menguji seberapa jauh Anda menguasai materi yang diajarkan ke murid-murid. Anda juga bisa bergabung di layanan jasa les privat online agar lebih mudah menemukan murid yang membutuhkan jasamu.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x