Polisi Malaysia akan Tindak Tegas Pelaku Video Parodi Lagu Indonesia Raya

- 31 Desember 2020, 16:29 WIB
Akun YouTuber Malaysia melakukan perbuatan yang diduga menghina lagu Indonesia Raya. (Pixabay)
Akun YouTuber Malaysia melakukan perbuatan yang diduga menghina lagu Indonesia Raya. (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Jagat maya Tanah Air kembali dihebohkan dengan berita viral soal dugaan penghinaan lambang negara Indonesia di sosial media. Kali ini pelakunya bukan berasal dari negeri sendiri melainkan dari negara tetangga.

Baru-baru ini tengah viral video parodi lagu Indonesia raya, yang diunggah di laman youtube MY Asean, diduga pemilik akun tersebut adalah warga dari negeri Jiran, Malaysia, karena menggunakan foto profil yang menampilkan foto bendera negara tersebut.

Video ini viral di media sosial setelah diunggah oleh akun instagram @rizieqstres pada Minggu, 27 Desember lalu. Di caption ia menuliskan, bahwa martabat bangsa Indonesia benar-benar direndahkan dalam lagu ini. Ditambah Presiden Jokowi dan presiden pertama Bung Karno juga dihina habis-habisan.

Lagu Indonesia Raya Diparodikan Malaysia
Lagu Indonesia Raya Diparodikan Malaysia

Tak hanya itu, latar belakang berwarna merah-putih dari bendera Indonesia ditimpa oleh gambar karikatur dua anak kecil sedang buang air seni dan gambar ayam dengan lambang Bhineka Tunggal Ika sebagai pengganti garuda.

Setelah mengunggah video tersebut dan viral di media sosial, pelaku mengunggah video permintaan maaf di akun youtubenya, dan mengatakan kalau ia mengunggah video tersebut sebagai bentuk balasan dari hinaan terhadap Malaysia oleh seorang youtuber yang diduga berasal dari Indonesia.

Video berdurasi 1 menit 34 detik itu kini sudah di takedown baik di youtube maupun di akun media sosial yang mengunggahnya, bahkan akun youtube milik My Asean pun sudah ditutup.

Kini pelaku dibalik akun youtube My Asean tengah menjadi buronan dari pihak kepolisian Malaysia. Dalam sebuah pernyataan, Kedutaan Besar Malaysia mengungkapkan jika pihaknya akan menindak tegas pelaku.***

Penulis: Gusti Sania

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x