Wah! Pakar Sebut Kim Yo Jong bisa Jadi Lebih Brutal daripada Kim Jong Un

- 26 Agustus 2020, 09:27 WIB
Kim Yo Jong, adik Kim Jong Un. (Pikiran Rakyat)
Kim Yo Jong, adik Kim Jong Un. (Pikiran Rakyat) /Pikiran Rakyat

JAKSELNEWS.COM - Para ahli mengatakan bahwa adik perempuan diktator Korea Utara Kim Jong Un bisa menjadi pemimpin paling brutal Korea Utara jika memang kelak diserahi mandat.

Kim Yo Jong yang saat ini berusia 32 tampaknya siap untuk mengambil kendali kekuasaan di tengah klaim bahwa Kim Jong Un telah koma selama berbulan-bulan.

"Saya belum melihat bukti apa pun, indikasi bagaimana dia akan memerintah, tetapi spekulasi saya, mengingat reputasi dan sejarah keluarga, adalah bahwa dia akan memerintah dengan tangan besi," kata pensiunan Kolonel Angkatan Darat AS David Maxwell.

Maxwell sendiri salah satu orang yang ikut menulis rencana kontingensi asli Pentagon 1999 dengan Korea Selatan untuk runtuhnya rezim Korea Utara.

Sung-Yoon Lee, seorang profesor di Sekolah Hukum dan Diplomasi Fletcher Universitas Tufts, menggambarkan Kim Yo Jong sebagai "ambisius dan cerdas," menambahkan bahwa dia "benar-benar memberikan cahaya feminin yang lebih lembut pada fasad brutal rezimnya."

Lee mengatakan juga jika dia benar-benar mengambil alih kekuasaan, sifat rezim Korea Utara akan "menuntut dia menjadi kejam, terutama dalam beberapa tahun pertama."

“Dia mungkin membuktikan dirinya lebih galak dan lebih kejam daripada kakak laki-laki, ayah, atau kakeknya,” Lee lebih lanjut menambahkan.

Victor Cha, yang merupakan direktur urusan Asia di Dewan Keamanan Nasional selama pemerintahan mantan Presiden George W. Bush juga mengatakan bahwa Kim Yo Jong "tampaknya adalah seorang garis keras di Korea Selatan dan Amerika Serikat" dan "tidak ada tanda-tanda dia sebagai seorang reformis.”***

Editor: Setiawan R

Sumber: New York Post


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x