Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2021 dan Apa Saja yang Perlu Disiapkan!

- 17 Februari 2021, 07:09 WIB
Jadwal SNMPTN 2021.
Jadwal SNMPTN 2021. /- Foto : Twitter @ltmptofficial/

JAKSELNEWS.COM - Proses tahapan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah dibuka sejak 15 Februari kemarin. Tahapan pendaftaran ini dibuka hingga 24 Februari 2021 pukul 15.00 mendatang.

Bagi para calon mahasiswa bisa melakukan pendaftaran melalui portal LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) https://portal.ltmpt.ac.id atau laman https://snmptn.ltmpt.ac.id. Calon mahasiswa yang bisa mendaftar SNMPTN adalah mereka yang sudah memiliki akun LTMPT dan sudah permanen. Mereka juga dianggap eligible oleh sekolah dan memiliki nilai lengkap di PDSS.

Begini tahapan pendaftaran SNMPTN:

1. Calon mahasiswa harus login terlebih dahulu di Portal LTMPT yang sudah teregistrasi.

2. Mengisi lengkap data orang tua di halaman profil.

3. Jika sudah melengkapi segala prosedur, calon mahasiswa diwajibkan memilih prodi pada halaman pilihan.

4. Jika diharuskan mengisi portofolio pada prodi yang dipilih, maka calon mahasiswa wajib mencantumkan. Jika tidak diharuskan, maka portofolio tidak perlu diisi.

5. Laman prestasi juga tidak wajib diisi calon mahasiswa. Tetapi jika ingin diisi untuk menambah portofolio bisa dicantumkan sesuai dengan bidang masing-masing.

6. Setelah itu calon mahasiswa melakukan finalisasi jika seluruh data yang diisi benar. Jika sudah melakukan finalisasi, data tidak bisa dibatalkan dengan alasan apapun.

7. Tahap terakhir adalah mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

Lalu apa saja yang perlu disiapkan oleh para calon mahasiswa?

1. Gawai dengan jaringan internet stabil wajib disiapkan oleh para siswa. Mengingat segala proses dilakukan secara daring dan tentu membutuhkan jaringan internet stabil agar tidak mengalami kendala saat memproses dokumen.

2. Akun pendaftaran harus dipastikan sesuai saat pertama kali dibuat.

3. Besaran penghasilan orangtua yang akan diinput, para siswa harus mengetahuinya secara jelas.

4. Semua dokumen yang dibutuhkan harus siap dalam bentuk file.

Setelah selesai tahap pendaftaran, calon mahasiswa akan menunggu dimulainya pengumuman hasil SNMPTN dan pendaftaran ulang jika diterima. Pastikan terus memantau laman Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi incaran karena mereka memiliki jadwal pendaftaran ulang yang berbeda-beda.

Para calon mahasiswa diharapkan untuk mendaftar sebelum tahapan ditutup. Tidak disarankan melakukan pendaftaran di saat-saat terakhir. Pengumuman dijadwalkan pada 22 Maret 2021 melalui situs https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id. ***

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini