Indonesia Masuk Dalam Daftar Negara yang Dapat Vaksin Covid-19 dari Amerika Serikat

- 23 Juni 2021, 11:40 WIB
Khutbah Jumat terbaru 2021 singkat padat dan lengkap tentang Vaksin Covid-19.
Khutbah Jumat terbaru 2021 singkat padat dan lengkap tentang Vaksin Covid-19. /pexels.com/Artem Podrez

JAKSELNEWS.COM - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengumumkan rencana distribusi sisa 55 juta dari 80 juta dosis vaksin Covid-19 dan Indonesia menjadi salah satu negara yang mendapatkan jatah vaksin tersebut.

Hal ini diketahui dalam pengumuman resmi distribusi vaksin yang disampaikan pemerintah Presiden AS Joe Biden. Senin, (21/6/21)
 
Biden menjanjikan akan mengalokasikan vaksin tersebut akhir bulan ini.
 
Untuk semua 80 juta dosis yang dijanjikan Biden untuk dibagikan, Gedung Putih menyatakan, 75% akan dibagikan melalui program vaksinasi global yang disebut Akses Global Vaksin Covid-19 atau COVAX, dan 25% akan dibagikan langsung dengan negara-negara yang membutuhkan.
 
 
"Tujuan kami ialah untuk meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 global, bersiap untuk lonjakan dan memprioritaskan petugas kesehatan dan populasi rentan lainnya berdasarkan data kesehatan masyarakat. Ini juga untuk membantu tetangga kami dan negara lain yang membutuhkan,"
 
"Seperti yang telah kami nyatakan sebelumnya, Amerika Serikat tidak akan menggunakan vaksinnya untuk mendapatkan bantuan dari negara lain." kata Gedung Putih seperti yang dikutip CNN
 
Ada sekitar 16 juta alokasi COVAX yang akan didistribusikan ke Asia, dikirim ke India, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka, Afghanistan, Maladewa, Bhutan, Filipina, Vietnam, Indonesia, Thailand, Malaysia, Laos, Papua Nugini, Taiwan, Kamboja dan Kepulauan Pasifik.
 
 
Gedung Putih tidak memberikan angka pastinya berapa dosis yang akan dikirim ke masing-masing negara tersebut, hanya perkiraan untuk wilayah secara umum.
 
Berikut nama-nama vaksin yang akan alokasikan ke sejumlah negara, terdiri dari vaksin Moderna dan Pfizer.***

Editor: Husain F.P

Sumber: cnnindonesia.com


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x