Gubernur DKI Anies Baswedan: Ada 128 Varian Baru Covid-19 yang Ditemukan di Jakarta, Varian Delta Mendominasi

- 3 Juli 2021, 12:30 WIB
Foto Anies Baswedan yang dikritisi Ferdinand Hutahaean
Foto Anies Baswedan yang dikritisi Ferdinand Hutahaean /

JAKSELNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan saat ini pihaknya telah mengidentifikasi 128 kasus varian baru Covid-19

Dari hasil identifikasi, Anies Baswedan menjabarkan bahwa saat ini virus corona varian Delta ditemukan sebanyak 87 persen, mendominasi.
 
"Inilah yang mendominasi," Anies Baswedan berujar saat memaparkan skenario penanggulangan Covid-19 di DKI Jakarta yang disiarkan secara virtual, Jumat 2 Juli 2021 malam.
 
Lanjutnya ia menyebutkan dari hasil identifikasi tersebut, pihaknya juga menemukan bahwa segmen anak-anak balita maupun usia 6-18 tahun banyak yang terpapar virus corona varian Delta ini.
 
"Kita berhadapan jangan varian baru yang telah membuat lonjakan kasus lagi seperti dulu dimana kenaikannya perlahan-lahan," ujar Anies
 
 
Saat ini, untuk menambah tempat tidur, tempat isolasi bagi para pasien Covid-19 itu gampang, tinggal pesan, lalu mencari, dan kemudian isolasi pasien corona tersebut di situ
 
Namun, masalahnya bukan dapat tidur atau tidaknya, tapi adalah harus ada tenaga kesehatan di tempat-tempat isolasi ini. Sementara nakesnya saat ini terbatas.
 
Kendati demikian, Pemprov Jakarta harus bersiap-siap untuk membuat fasilitas isolasi mandiri dan harus bersiap-siap untuk fasilitas kesehatan di wilayah, seperti puskesmas, dan bersiap menyiapkan obat-obatannya.
 
Apabila puskesmas kelurahan dan kecamatan, mempunyai stok obat yang cukup, agar segera bisa diberikan kepada warga. Tujuannya agar mereka yang positif bisa segera melakukan isolasi mandiri.
 
Dengan begitu, pasien Covid-19 tanpa gejala tidak harus semua ke rumah sakit. Respon cepat Puskesmas kepada warga sangat di harapkan.
 
 
"Minimal, tidak terjadi kecemasan di wilayah, tidak terjadi kepanikan, dan tidak harus semua yang terpapar harus masuk rumah sakit," ujar Anies harapannya
 
Anies Baswedan meminta agar seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta segera bersiap, harus segera meraapatkan barisan, harus segera bertanggung jawab.
 
"Jangan kita jadi penonton," ujar Anies
 
"Kita semua berseragam. Kita semua bekerja atas nama negara. Kita dapat amanat konstitusi," ujar Anies mengingatkan.
 
"Ini amanat tertinggi dan perintah tertinggi adalah melindungi keselamatan rakyat, melindungi segenap tumpah darah Indonesia, maka dalam kondisi darurat ini, saya minta kepada semua, turun tangan sebagai negara." lanjut Anies.***

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x