Desa Cerdas Jadi Hunian Para Korban Semeru yang Kehilangan Rumah

- 17 Desember 2021, 10:48 WIB
Wapres memberi keteranhan tentang relokasi pengungsi Semeru
Wapres memberi keteranhan tentang relokasi pengungsi Semeru /Kominfo

JAKSELNEWS.COM - Para pengungsi korban erupsi Gunung Semeru yang kehilangan tempat tinggal dan harus direlokasi, akan mengusung konsep desa cerdas (smart village).

“Akan dibangun smart village, ini menjadi bagian yang perlu dikembangkan dan memiliki prospek untuk kehidupan masyarakat ke depan,” ungkap Wapres saat memberikan keterangan pers usai melakukan dialog secara virtual dengan para pengungsi korban erupsi Semeru.

Konsep smart village ini, jelas Wapres, diterapkan untuk membuat hunian baru para pengungsi nanti tidak hanya lebih aman dan nyaman ditinggali tetapi juga memiliki akses keekonomian yang mudah.

“Hunian ini juga akan dibangun ekosistemnya, yaitu hutan sosial dan lahan komersial baik peternakan ayam, sapi perah, susu, dan sebagainya, menggunakan di lahan tersebut. Peluang itu memang dimungkinkan (untuk direalisasikan),” terangnya.

Baca Juga: Menteri Teten Pastikan Debitur KUR Korban Semeru Dapat Perlakuan Khusus

Lebih jauh, Wapres memastikan bahwa penentuan lokasi telah selesai dan surat keputusannya juga sudah ditetapkan.

“Rencana pembangunannya juga akan segera dilaksanakan oleh Kementerian PUPR, termasuk jalan, jembatan, dan semuanya,” ujarnya.

 Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan bahwa lokasi yang dipilih untuk relokasi pengungsi Semeru adalah lahan hutan di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro dan di Desa Oro Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo.

Baca Juga: Hargam Emas Antam Terkerek Rp 7000, Buyback Naik Lebih Tinggi, Cek Juga Harga di Pegadaian

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini