Resmikan 6 Rumah Ibadah Saling Berdekatan, Wapres Sebut Simbol Toleransi

- 5 Januari 2022, 20:54 WIB
Wapres resmikan 6 rumah ibadah berdekatan di Universitas Pancasila
Wapres resmikan 6 rumah ibadah berdekatan di Universitas Pancasila /setkab

JAKSELNEWS.COM - Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin mengatakan Pancasila menjadi titik temu antar berbagai latar belakang kemajemukan.

“Pancasila menjadi jaminan bahwa negara melindungi kebebasan memeluk agama, sekaligus mengakomodasi penyelenggaraan aktivitas keagamaan,” ujar Wakil Presiden  saat meresmikan Pembangunan 6 Rumah Ibadah di Universitas Pancasila, Jakarta, pada Rabu (05/01/2022).

Pembangunan enam rumah ibadah ini menunjukkan komitmen Universitas Pancasila dalam memantapkan pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila dan mengokohkan toleransi antarumat beragama di Indonesia.

Toleransi telah menjadi warisan budaya leluhur bangsa Indonesia yang menjadi kunci dalam merawat keberagaman di Indonesia, sehingga keberagaman tersebut dapat menjadi kekayaan luar biasa yang belum tentu dimiliki oleh bangsa lain di dunia.

“Toleransi adalah kuncinya. Toleransi membimbing kita pada moderasi beragama sehingga kita terhindar dari fanatisme yang dapat mengarah pada fundamentalisme, radikalisme, maupun ekstremisme,” tegas Wapres.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Minyak Goreng Kemasan Sederhana Rp14.000 Per Liter

Lebih lanjut Wapres berharap, keberadaan enam rumah ibadah yang berdekatan ini bukan hanya sekedar dimaknai sebagai simbol toleransi, tetapi juga memudahkan kolaborasi lintas agama.

“Pembangunan rumah ibadah agama-agama yang dibangun secara berdekatan diharapkan tidak hanya menjadi simbol toleransi dan cerminan sikap saling menghargai. Namun lebih dari itu, juga memudahkan koordinasi dan kerja sama lintas agama serta menjadi perekat persatuan bangsa,” imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, tahun 2022 ini telah dicanangkan sebagai tahun toleransi, mengingat Indonesia dijadikan barometer kerukunan umat beragama di dunia. Ia berharap, dalam tahun toleransi ini, kerukunan umat beragama di Indonesia dapat meningkat.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Wapresri.go.id


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x