Presiden Resmikan PLTA Poso Energy di Poso dan PLTA Malea Energy di Tana Toraja

- 25 Februari 2022, 17:42 WIB
Presiden Resmikan PLTA Poso Energy di Poso dan PLTA Malea Energy di Tana Toraja
Presiden Resmikan PLTA Poso Energy di Poso dan PLTA Malea Energy di Tana Toraja /setkab

JAKSELNEWS.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso Energy 515 megawatt di Kabupaten Poso dan PLTA Malea Energy 90 megawatt di Kabupaten Tana Toraja, Jumat 25 Februari 2022.

Acara peresmian ini dipusatkan di PLTA Poso Energy, Poso, Sulawesi Tengah.

Kepala Negara menyampaikan, pembangunan pembangkit listrik ini akan mendukung proses transisi energi menuju energi baru terbarukan (EBT).

“Pagi hari ini saya sangat senang sekali karena kita semuanya akan meresmikan sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang itu adalah berarti energi hijau, berarti adalah EBT (energi baru terbarukan),” ujar Presiden mengawali sambutannya.

Baca Juga: Pemerintah Mulai Membuka Beasiswa LPDP Tahun 2022

Presiden menambahkan, saat ini semua negara didorong untuk bergeser dari pemakaian energi fosil utamanya batu bara menuju ke energi hijau. 

Indonesia  memiliki potensi energi yang mencapai 418 gigawatt, baik berupa hydropower, geotermal, tenaga surya, angin, tidal, hingga panas permukaan air laut.

“Semuanya ada di negara kita. Hanya bagaimana kita bisa menggeser dari yang coal/batu bara ini kepada energi hijau ini juga bukan pekerjaan yang mudah karena sudah terlanjur banyak sekali PLTU-PLTU kita,” ujarnya.

Baca Juga: Syarat, Cara, dan Tahapan Beasiswa LPDP 2022

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x