Kelembagaan Desa Jadi Kriteria Penilaian Baru dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

- 17 Maret 2022, 17:15 WIB
Anugerah Desa Wisata Indonesia
Anugerah Desa Wisata Indonesia /kemenparekraf

JAKSELNEWS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan kelembagaan desa menjadi poin penting dalam penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia ADWI 2022.

Pasalnya masyarakat desa yang sadar wisata, kreatif, inovatif, dan kolaboratif akan menjadi ujung tombak dari pengembangan desa wisata tersebut.

Kelembagaan desa juga sesuai dengan konsep community based tourism (pariwisata berbasis masyarakat) yang mengedepankan masyarakat sebagai pelaku utama dalam pengembangan pariwisata desa secara berkelanjutan.

"Insya Allah, dengan memperkuat kolaborasi melalui kelembagaan desa, tahun ini akan  menjadi tahun kebangkitan ekonomi kita," ujar Menparekraf.

Baca Juga: Comeback Moonbin dan Sanha Astro Lansung Puncaki iTunes Top Albums di Berbagai Belahan Dunia

Salah seorang anggota Dewan Juri Anugerah Desa Wisata Indonesia ADWI 2022, Panca R. Sarungu, menambahkan kelembagaan desa sebagai kriteria terbaru dalam ajang ADWI 2022 ini akan menunjukkan seberapa besar dan seberapa kuat kolaborasi yang terjadi di tiap desa wisata.

"Karena menurut saya sejatinya dengan kolaborasi dapat mewujudkan impian, harapan, serta cita-cita di tiap desa wisata menjadi destinasi yang unggul dan berkelas dunia," katanya

Selain kelembagaan desa, ada enam kategori penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia lainnya, yakni daya tarik wisata, homestay, konten digital dan kreatif, suvenir, toilet, dan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability).

Menparekraf berharap agar seluruh desa wisata yang ada di Indonesia mendaftarkan desanya melalui laman website jadesta.kemenparekraf.go.id.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x