Ada Sekolah Spesialis Bendungan di Bogor, Apa Itu?

- 21 Maret 2022, 16:21 WIB
Ada Sekolah Spesialis Bendungan di Bogor, Apa Itu?
Ada Sekolah Spesialis Bendungan di Bogor, Apa Itu? /bumn

JAKSELNEWS.COM - PT Brantas Abipraya (Persero) mendirikan School of Dam and Water Resources. Sekolah diresmikan di proyek Bendungan Ciawi, Bogor, berbarengan dengan diluncurkannya Lembaga Pengembangan Kompetensi (LPK) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Brantas Abipraya.

Peresemian dilakukan oleh Haryadi selaku Komisaris Utama Brantas Abipraya dan Sugeng Rochadi, Direktur Utama Brantas Abipraya.

“Kompetensi dan keahlian tenaga kerja atau human capital harus selalu ditingkatkan, dengan adanya sekolah dan lembaga ini, kami dituntut untuk menyesuaikan, menjawab tantangan perubahan teknologi dan ilmu yang berkembang,” ujar Sugeng.

Brantas Abipraya menggandeng para ahli bidang keairan dari beberapa Universitas ternama.

Diharapkan setelah menyelesaikan program di sekolah bendungan ini, para peserta dapat mengambil peran penting dalam membangun infrastruktur air, khususnya bendungan.

“Ilmu konstruksi dalam pembangunan bendungan akan terus berkembang mengikuti kemajuan teknologi, seperti BIM (Building Information Modelling), Lean Construction dan teknologi konstruksi lain serta produk unggul, harus diikuti dengan sumber daya manusia yang unggul juga,” imbuh Sugeng.

Baca Juga: Indonesia Menjadi Tuan Rumah World Water Forum ke-10 Tahun 2024

LPK-LSP Abipraya dan School of Dam and Water Resources  sebagai wadah untuk pelatihan kerja guna membekali, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi, produktivitas tenaga kerja di bidang konstruksi, khususnya saat ini di bidang bendungan.

Haryadi, Komisaris Utama Brantas Abipraya mengatakan, “Sekolah bendungan dan sumber daya air ini terselenggara karena kolaborasi dan semangat antara Brantas Abipraya, Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Kementerian BUMN, dan tentunya tak dapat berjalan lancar tanpa adanya dukungan dari BUMN karya lainnya.”

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: BUMN


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x