BPIP dan Pangdam Brawijaya Andalkan Cara Kekinian Guna Ajarkan Pancasila, Seperti Apa?

- 25 Maret 2022, 19:56 WIB
BPIP dan Pangdam V Brawijaya/ Surabaya kerja sama bentuk pendidikan Pancasila untuk generasi muda. (BPIP)
BPIP dan Pangdam V Brawijaya/ Surabaya kerja sama bentuk pendidikan Pancasila untuk generasi muda. (BPIP) /BPIP

JAKSELNEWS.COM - Pangdam V/Brawijaya Surabaya membuat terobosan dalam hal penguatan kedaulatan negara dengan berlandaskan pada ideologi Pancasila sebagai dasar negara. Menggandeng Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Pangdam V/Brawijaya berupaya mendorong terlaksananya pendidikan Pancasila dengan cara-cara yang mudah diterima kalangan muda.

Ternyata, inisiatif ini merupakan tindak lanjut kemitraan BPIP dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD). Bahkan, Kepala BPIP Prof. Drs. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D mengatakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) akan segera dilakukan bersama Panglima TNI.


"Kita juga akan menjadwalkan Mou dengan Panglima TNI", kata Yudian dalam Kunjungan Kerja di Jawa Timur, Jum'at, 25 Maret 2022.

Yudian menjelaskan, BPIP adalah badan yang bertanggungjawab membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila. Kebijakan tersebut direalisasikan dengan menggelar program pendidikan dan latihan. Termasuk di dalamnya adalah menyusun buku yang menjadi pedoman pendidikan dan pelatihan bagi TNI, Polri, ASN, dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Baca Juga: Megawati Ingin Populerkan Kata 'Bung' dan 'Salam Pancasila'


"Selain melaksanakan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian PIP secara menyeluruh dan berkelanjutan juga program-program lainnya seperti menyusun standar pendidikan dan diklat", jelasnya.


Pada kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas Sekretaris Utama BPIP Dr. Drs. Karjono, S.H., M.Hum mengatakan BPIP sudah mempunyai mata ajar pendidikan Pancasila bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai dengan Pergurian Tinggi.


Menurutnya dasar tersebut adalah terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang perubahan PP Nomor 57 tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.


"Salah satu keuntungan PP 4 adalah Pencasila menjadi paling utama dalam mata ajar, sedangkan Kewarganegaraan menjadi bagian dari Pendidikan Pancasila", pungkasnya.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: BPIP


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x