Tiga Isu Prioritas Pertemuan Pertama DEWG

- 29 Maret 2022, 19:30 WIB
Tiga Isu  Prioritas  Pertemuan Pertama DEWG
Tiga Isu Prioritas Pertemuan Pertama DEWG /kominfo

JAKSELNEWS.COM -  Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate membuka Sidang Pertama Forum DEWG Presidensi G20 Indonesia, Selasa 29 Maret 2021.

Sidang  yang berlangsung dua hari secara hibrida itu akan membahas isu Post Covid-19 Recovery and Connectivity dan Digital Skills and Digital Literacy pada hari pertama

Ada tiga isu prioritas dalam rangkaian pertemuan DEWG. Isu itu meliputi Connectivity and Post-COVID-19 Recovery, Digital Skills and Digital Literacy, dan Data Free-Flow with Trust and Cross-Border Data Flow.

Menurut Menteri Johnny, isu Connectivity and Post Covid-19 Recovery memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk mengajak negara anggota G20 mendiskusikan peran sentral konektivitas digital dalam beragam lini kehidupan.

“Secara khusus, keterkaitannya pemulihan pasca pandemi Covid-19 mengacu kepada isu ketersediaan akses internet yang cukup, fair level playing field yang lebih berimbang dalam pemanfaatan teknologi digital, serta optimalisasi konten dan data internet,” jelasnya.

Menkominfo menyatakan Indonesia mengajak negara anggota G20 membahas isu itu sebagai upaya pemulihan ekonomi global yang lebih tangguh dan lebih inklusif melalui teknologi digital.

Baca Juga: Presiden Sebut Dana Desa yang Terkucur Capai 468 Triliun, untuk Apa Saja?

Adapun pembahasan kedua berkaitan dengan digital skills and digital literacy. Menurut Menteri Johnny, bahasan itu memiliki peran sentral dalam menghadirkan pemanfaatan teknologi digital yang produktif, inklusif, memberdayakan dan berkelanjutan.

“Indonesia mendorong pembahasan isu ini untuk menghadirkan upaya kolektif global antara negara maju dan negara berkembang dalam digital reskilling dan upskilling masyarakat dunia dalam menghadapi kemajuan serta disrupsi digital,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x