Diprediksi Ada 30 Ribuan Pergerakan Pesawat Selama Lebaran 2022

- 26 April 2022, 17:36 WIB
Diprediksi Ada 30 Ribuan Pergerakan Pesawat Selama Lebaran 2022
Diprediksi Ada 30 Ribuan Pergerakan Pesawat Selama Lebaran 2022 /bumn

JAKSELNEWS.COM - Diprediksi, sebanyak total 30an ribu (29,182) pergerakan pesawat udara akan menghiasi langit Indonesia pada periode angkutan Lebaran tahun 2022 ini. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada tanggal 30 April 2022, dan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada tanggal 8 Mei 2022.

Selain penerbangan reguler (berjadwal),  ada juga  928 (sembilan ratus dua puluh delapan) penerbangan tambahan (extra flight) yang telah mengajukan permohonan slot time penerbangan mealui Indonesia Airport Slot Management (IASM).

Jumlah tersebut didominasi oleh pergerakan dari dan ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, yaitu sebanyak 423 extra flight yang akan dilayani oleh personel navigasi penerbangan AirNav Indonesia Cabang Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC).

Direktur Utama AirNav Indonesia, Polana Banguningsih Pramesti menerangkan, periode Lebaran tahun 2022 ini memiliki tantangan tersendiri bagi AirNav Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan tahun ini merupakan tahun pertama pergerakan perjalanan mudik masyarakat diperbolehkan sejak Indonesia dilanda pandemi COVID-19 pada awal tahun 2019, sehingga prediksi lonjakan lalu lintas penerbangan cukup signifikan, yaitu mencapai angka 223% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu.

Baca Juga: Persiapan Indonesia Menujua Pertemuan Penanganan Kebencanaan Global 2022

Namun demikian, AirNav Indonesia memastikan kesiapan seluruh komposisi di dalam operasional navigasi penerbangan untuk menjamin keselamatan transportasi udara, terlebih karena sepanjang tahun 2022 ini, pertumbuhan pergerakan lalu lintas udara yang dilayani oleh AirNav sudah berangsur normal seperti sebelum pandemi melanda.

“Secara year on year, prediksi kenaikan jumlah traffic pada periode angkutan udara Lebaran tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu memang signifikan, yaitu mencapai 239%. Namun, jika dibandingkan dengan trend pergerakan traffic selama bulan Maret 2022 yang lalu berdasarkan rata-rata harian, kenaikan jumlah traffic selama Lebaran tahun ini berada di kisaran 50%,” jelasnya

Polana menjelaskan, AirNav Indonesia telah menyiapkan sejumlah prosedur tanggap darurat untuk mengantisipasi berbagai faktor operasional yang tidak dapat diprediksi.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: BUMN


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x