BMKG Mengimbau Masyarakat Siapkan Tas Siaga Bencana

- 19 Agustus 2020, 09:59 WIB
Logo BMKG. (BMKG)
Logo BMKG. (BMKG) /BMKG

JAKSELNEWS.COM – Wilayah Bengkulu Utara baru saja diguncang gempa pagi ini, Rabu 19 Agustus 2020. Gempa bumi dengan magnitudo 6,9 itu terjadi pada pukul 05.23 WIB, yang kemudian disusul dengan gempa bumi dengan magnitudo 6,8 pada pukul 05.29 WIB.

Adanya gempa bumi yang menyerang wilayah Bengkulu Utara pagi ini membuat BMKG mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk menyiapkan tas siaga bencana, terutama untuk masyarakat yang berada di wilayah Bengkulu Utara dan sekitarnya.

Imbauan ini dikeluarkan langsung oleh BMKG melalui akun Twitter resmi milik mereka pada 19 Agustus 2020.

“Pilih tas yang bahannya tahan air, kuat dan nyaman digunakan. Sebaiknya tas ransel yah. Tas ini nantinya berfungsi untuk survive pasca bencana,” tulis BMKG dikutip Jakselnews dari akun Twitter @infoBMKG.

Tas siaga bencana berisi benda-benda penting dan dapat berguna ketika terjadi bencana. Berikut isi tas siaga bencana yang disarankan.

  1. Fotokopi dari dokumen-dokumen penting, seperti surat ijazah, surat tanah, buku tabungan, dan surat penting lainnya.
  2. Radio yang memiliki sinyal yang kuat dan tahan lama. Benda ini akan berguna untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi ketika aliran listrik terputus.
  3. Kotak P3K
  4. Senter dengan daya tahan lama dan tahan air. Benda ini akan berguna pada malam hari ketika listrik padam dan juga dapat digunakan sebagai sinyal pertolongan.
  5. Baju ganti secukupnya, selimut dan sanitasi.
  6. Makanan ringan yang tahan lama dan mudah dibawa, serta kandungannya cukup untuk memenuhi asupan energi.
  7. Peluit atau sempritan. Benda ini akan berguna disaat kita dalam kondisi ingin meminta pertolongan namun sudah dalam kondisi lemah dan darurat.

Selain itu, BMKG juga menjelaskan bahwa isi tas siaga bencana harus tetap diperiksa setiap enam bulan sekali agar tidak ada benda siaga yang kadaluarsa atau rusak. Tas yang digunakan juga harus disesuaikan dengan ukuran badan, misalnya tas untuk anak-anak tetap harus menggunakan tas anak-anak dan tidak menggunakan tas orang dewasa.

Letakkan tas siaga bencana pada tempat yang mudah dijangkau sehingga tidak menyulitkan untuk ditemukan dan dibawa ketika evakuasi.***

Editor: Setiawan R

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini