Menristek Sebut Kecerdasan Artifisial akan Jadi Dasar Inovasi Indonesia di Masa Depan

- 20 Agustus 2020, 18:04 WIB
Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang PS Brodjonegoro. (Instagram/@bambangbrodjonegoro)
Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang PS Brodjonegoro. (Instagram/@bambangbrodjonegoro) /Instagram/@bambangbrodjonegoro

JAKSELNEWS.COM - Menteri Riset dan Teknologi dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang PS Brodjonegoro berharap bahwa kecerdasan artifisial (AI) menjadi dasar untuk keunggulan inovasi Indonesia di masa depan.

"Kita harus menjadikan inovasi sebagai suatu 'spirit', suatu semangat yang muncul di kalangan masyarakat kita. Karena hanya dengan menjadi masyarakat inovatif lah kita bisa menciptakan negara maju," ujar Kemenristek Bambang dalam keterangan tertulis, sebagaimana dilansir Jakselnews.com dari artikel ANTARA berjudul Menteri: Kecerdasan artifisial jadi dasar inovasi Indonesia masa depan.

Dia pun menjelaskan dan berharap bahwa kecerdasan artifisial di Indonesia wajib bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, mampu menciptakan efisiensi dalam perekonomian, dan dapat menjadi dasar untuk keunggulan inovasi Indonesia di masa depan.

Bambang menyampaikan lebih lanjut, "Indonesia tidak boleh hanya menjadi pasar dari revolusi industri ke-4, Indonesia harus bisa menjadi pemain. Salah satunya pemain dalam kecerdasan artifisial.”

Dia juga mengatakan bahwa dengan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi dan inovasi, Indonesia harus dapat menciptakan nilai tambah dari sumber daya alam yang kaya dan dimilikinya. 

"Ekonomi kita tidak boleh hanya bergantung kepada ekstraksi sumber daya alam, baik itu hasil pertanian maupun hasil tambang, tetapi dengan sentuhan teknologi dan sentuhan ilmu pengetahuan, kita harus menciptakan nilai tambah dari sumber daya alam yang kita miliki,” ujar Bambang.

Menteri Bambang juga menjelaskan bahwa inovasi pula merupakan penggerak kemajuan bangsa, dan jika ingin menciptakan negara yang maju, harus mempunyai masyarakat yang inovatif.***

Editor: Setiawan R

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah