Fokus Tangani Covid-19, Jokowi ke Terawan: Benahi Ketimpangan Testing!

- 7 September 2020, 14:25 WIB
Presiden Joko Widodo. (Pikiran Rakyat)
Presiden Joko Widodo. (Pikiran Rakyat) /Pikiran Rakyat

JAKSELNEWS.COM - Pada sidang kabinet paripurna terkait penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi tahun 2021, Senin 7 September 2020 Presiden Joko Widodo mengingatkan kembali jajarannya untuk fokus menangani Covid-19.

"Saya ingatkan, kunci ekonomi kita agar baik adalah kesehatan yang baik. Artinya fokus kita nomor satu adalah kesehatan, penanganan Covid-19," ungkap Jokowi.

Tak elak, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto adalah pihak yang paling mendapat perhatian dari Jokowi.

Jokowi meminta agar Terawan beserta seluruh jajaran komite penanganan Covid-19 serta TNI-Polri benar-benar fokus tangani urusan pandemi Covid-19 ini.

"Saya perintahkan jajaran komite penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi, Menteri Kesehatan, TNI Polri betul-betul agar yang berkaitan dengan urusan Covid-19 jadi fokus kita," lanjut Jokowi sebagaimana dilansir dari Pikiran-Rakyat.com dalam artikel Perintah Jokowi ke Menkes Terawan: Benahi Ketimpangan Testing dan Fokus!.

Selain itu, tuntutan untuk merancang desain testing yang lebih baik juga disampaikan oleh Jokowi pada Terawan. Menurut Presiden Republik Indonesia tersebut ketimpangan data testing antar provinsi masih tinggi.

"Saya minta untuk urusan tes Kementerian Kesehatan dibuat desain perencanaan yang betul-betul baik," ungkap Jokowi,

"Jangan sampai yang saya lihat, ada provinsi yang testingnya tinggi, tapi ada provinsi yang testingnya rendah sekali," imbuhnya menjelaskan.

Untuk itu, perlu desain rencana testing yang komprehensif dan mendetail. Hal-hal semacam jumlah lab yang tersedia sampai distribusi reagen per provinsi harus tersedia datanya.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini