Acara Habib Rizieq Langgar Protokol Kesehatan, Mahfud MD Akui Sudah Katakan Ini pada Anies

- 16 November 2020, 18:00 WIB
Menko Polhukam RI Mahfud MD.*
Menko Polhukam RI Mahfud MD.* /Antara./

JAKSELNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyesalkan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan dalam beberapa waktu terakhir, termasuk pada acara Habib Rizieq.

Kerumunan yang terjadi pada beberapa hari terakhir adalah kerumunan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh Front Pembela Islam (FPI) sekaligus perayaan pernikahan putri Habib Rizieq Shihab yang dihadiri oleh ribuan orang.

Ribuan manusia menyambut kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia pada Selasa 10 November lalu. Pemerintah memberikan teguran kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Pemerintah menyesalkan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan pada pelaksanaan pesta pernikahan dan peringatan Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Jakarta Pusat di mana pemerintah sebenarnya telah memperingatkan Gubernur DKI Jakarta untuk meminta penyelenggara agar mematuhi protokol kesehatan," ujar Mahfud dalam konferensi pers virtual di kanal Youtube Kemenko Polhukam RI, Senin, 16 November 2020.

Dalam video tersebut, Mahfud MD juga mengingatkan para tokoh agama seharusnya mengingatkan masyarakat yang menghadiri acara tersebut untuk mematuhi protokol kesehatan. 

"Khusus kepada tokoh agama dan masyarakat, diharapkan memberikan contoh dan teladan ke semua warga agar mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Pemerintah akan bertindak tegas apabila pelanggaran kerumunan dalam jumlah besar terjadi lagi di Indonesia. 

"Pemerintah memperingatkan pada para kepala daerah, pejabat publik, aparat dan masyarakat di seluruh Indonesia, bahwa pemerintah akan menindak tegas dan melakukan penegakan hukum bilamana masih melakukan pengumpulan massa dalam jumlah besar," ujar Mahfud.***

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani

Editor: Setiawan R

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x