Tiba Desember, Jokowi Prioritaskan Vaksin COVID-19 untuk Orang-Orang Ini

- 18 November 2020, 14:58 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan mengenai prioritas orang yang akan mendapatkan Vaksin COVID-19. (Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan mengenai prioritas orang yang akan mendapatkan Vaksin COVID-19. (Youtube Sekretariat Presiden) /Youtube Sekretariat Presiden

JAKSELNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan keterangan pers perihal vaksin COVID-19 atau vaksin corona seusai kunjungannya ke Puskesmas Tanah Sereal, Bogor, Jawa Barat pada Rabu, 18 November 2020.

Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah akan mengusahakan agar vaksin virus corona tiba akhir Desember. Vaksin melalui beberapa tahapan lagi sebelum bisa digunakan.

"Kemudian setelah vaksin masuk ke Indonesia kita terima itu masih ada tahapan lagi tidak bisa langsung disuntikkan. Masih ada tahapan lagi di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) karena kita memerlukan emergency use authorization dari sana," ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan petugas kesehatan akan menjadi prioritas pertama untuk disuntik vaksin Virus Corona atau vaksin COVID-19.

“Kemudian siapa yang akan divaksin terlebih dahulu. Yang akan divaksin pertama adalah nanti tenaga kesehatan baik itu dokter, setelah dokter para perawat dan juga tenaga medis, paramedis yang ada. Itu yang diberikan prioritas," kata Jokowi setelah berkunjung ke Puskesmas Tanah Sereal, Bogor, seperti disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi juga menambahkan bahwa urutan penerima vaksin corona selanjutnya adalah TNI-Polri, guru dan Aparatur Sipil Negara (ASN) pelayanan publik yang bertugas di garda terdepan.

"Plus, TNI dan Polri, kemudian nanti baru ASN untuk pelayanan-pelayanan publik yang ada di depan, guru dan kemudian tentu saja kita semuanya," jelasnya.

Presiden Joko Widodo juga siap menambahkan keterangan bahwa beliau siap jika diminta menerima vaksin COVID-19 paling pertama.

"Kalau ada yang bertanya nanti Presiden nanti di depan atau di belakang? Kalau oleh tim diminta saya yang paling depan ya saya siap," ucap Jokowi.***

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani

Editor: Setiawan R

Sumber: YouTube Sekertariat Presiden


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x