Sembarangan Semir Dapat Merusak Ban, Ini Cara Semir Ban yang Benar

- 2 September 2020, 05:21 WIB
Ilustrasi ban yang sudah disemir. (Instagram/@Roxstar889)
Ilustrasi ban yang sudah disemir. (Instagram/@Roxstar889) /Instagram/@Roxstar889

JAKSELNEWS.COM - Merawat kendaraan adalah kewajiban dari setiap pemilik kendaraan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat kendaraan dan salah satu caranya adalah merawat ban dari kendaraan masing-masing. 

Merawat ban biasanya dilakukan dengan semir ban. Kendaraan yang sudah disemir bannya, akan terlihat lebih mengkilap, dan membuat kendaraan tersebut menjadi lebih elegan. Tetapi, semir ban juga dapat merusak ban itu sendiri apabila dilakukan dengan cara yang salah. 

Tidak hanya merusak ban saja, ban yang dilakukan penyemiran dengan cara yang salah akan terlihat lebih kusam serta belang. Jika terlalu sering disemir pun akan muncul beberapa keretakan pada ban dan membuat ban itu menjadi tidak bagus kembali. Hal ini diakibatkan karena cairan semir ban memiliki kandungan kimia yang justru bisa merusak ban itu sendiri. 

Cara untuk merawat dan menyemir ban yang benar ialah jangan menyemir ban setelah mencuci kendaraan. Hal ini yang menyebabkan dinding ban justru akan mengalami pecah-pecah dan mengakibatkan ban mudah bocor. Untuk mengurangi efek negatif dari semir ban, Anda dapat menggunakan semir yang mudah hilang jika disiram air atau menyikat ban dengan sabun dan jangan dilakukan setiap hari.***

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x