Perhatikan, Ini Kode atau Isyarat pada Touring Sepeda Motor

- 5 September 2020, 06:49 WIB
Kode saat touring. (foto: PT Daya Adicipta Motora)
Kode saat touring. (foto: PT Daya Adicipta Motora) /Kode saat touring. (foto: PT Daya Adicipta Motora)

JAKSELNEWS.COM - Touring adalah salah satu kegiatan jalan jarak jauh bisa menggunakan sepeda motor. Kegiatan ini adalah kegiatan para komunitas biasanya yang diadakan seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali. Perjalanan touring pun pasti ada yang mengepalai atau yang memimpin yang biasanya disebut “Road Captain”.

Road captain inilah yang  ketika dalam perjalanan touring, mengkode atau mengisyaratkan kepada anggotanya mengetahui informasi dengan kode atau isyarat tersebut. 

“Ada beberapa sandi dasar ketika berkendara yang aman jika para biker melakukan perjalanan lebih dari 1 motor atau grup, agar perjalanan aman dan nyaman serta tidak mengganggu pengguna jalan lain,” kata Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora dilansir dari jakselnews.com dari artikel Galamedianews yang berjudul Ini Dia 4 Kode Atau Isyarat Dasar Saat Touring Menggunakan Sepeda Motor

Berikut adalah kode atau isyarat dasar pada saat touring menggunakan sepeda motor.

1. Menghidupkan Mesin

Road Captain memberikan kode atau isyarat dengan cara mengangkat dan mengepalkan tangan kiri bersamaan dengan memutar jari telunjuk, hal ini mengisyaratkan kepada anggota touring yang lain untuk menghidupkan sepeda motornya.

2. Jalan Berlubang

Road Captain memberikan sandi dengan cara menurunkan tangan kiri yang menandakan bahwa ada jalan yang berlubang saat akan dilewati oleh rombongan.

3. Berbelok

Road Captain memberikan sandi dengan cara mengangkat tangan kiri lalu mengarahkan pada arah tujuan saat akan berbelok yang akan dituju oleh rombongan touring. Isyarat ini dilakukan sebelum berbelok.

4. Berhenti Perlahan 

Road Captain memberikan sandi dengan mengepalkan tangan kiri-nya menandakan kita harus berhenti secara perlahan.

Demikianlah kode atau isyarat pada saat touring, namun perlu diperhatikan juga untuk selalu menaati aturan lalu lintas, memakai helm dan keperluan saat touring karena perjalanan yang jauh dan pastinya tidak mengganggu para pengendara yang lainya.***

Editor: Setiawan R

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x