Terungkap! Ternyata Ini 3 Penyebab Power Window Mobil Macet

- 17 September 2020, 09:04 WIB
Ilustrasi power window. (YourMechanic)
Ilustrasi power window. (YourMechanic) /YourMechanic

JAKSELNEWS.COM - Jendela listrik atau power window merupakan salah satu fitur yang membuat pengendara mobil menjadi nyaman saat ingin menurunkan dan menaikkan kaca, namun terkadang power window bisa macet saat ingin digunakan.

Power window yang macet sering kali membuat pengendara dan penumpang sedikit kesal, pasalnya fitur ini sangat membantu untuk menurunkan dan menaikkan kaca tanpa memutar engkolan kaca yang biasanya terdapat pada mobil tua.

Jika fitur ini rusak, maka dijamin kaca mobil tidak akan bisa dibuka dengan cara apapun.

Hal ini akan membuat kenyamanan penumpang dan pengemudi sedikit terganggu. Terutama disaat mereka harus membayar biaya parkir ataupun keluar/masuk pintu tol.

Dikutip Jakselnews.com dari website resmi Suzuki Indonesia, inilah tiga sebab power window pada mobil macet dan tidak bisa digunakan.

1. Switch atau saklar mengalami kerusakan

Hal ini terjadi akibat pengemudi terlalu sering menaik turunkan kaca mobilnya. Biasanya saklar akan menjadi sedikit macet pada awalnya.

Namun jika didiamkan terus menerus, saklar akan rusak dan tidak bisa digunakan kembali. Solusi untuk masalah ini ialah dengan mengganti saklar power window dengan model yang baru.

2. Motor Penggerak Sudah Aus

Di dalam power window terdapat sebuah motor listrik kecil sebagai penggerak utama kaca ketika naik turun. Sama seperti mesin listrik pada umumnya, motor listrik ini juga bisa rusak seiring berjalannya waktu.

Brush atau yang disebut juga dengan sikat motor merupakan bagian yang sering mengalami kerusakan. Sikat tersebut fungsinya untuk menyalurkan arus listrik dari sumber asalnya menuju rotor motor yang berputar.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Suzuki Indonesia


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini