Pahami Kemungkinan Penyebab Bahaya bagi Pengendara Sepeda Motor agar Selamat di Jalan Raya

- 21 September 2020, 11:42 WIB
Ilustrasi orang berkendara dengan sepeda motor.  (Galamedia)
Ilustrasi orang berkendara dengan sepeda motor. (Galamedia) /Galamedia

JAKSELNEWS.COM - Mengendarai Sepeda motor merupakan sudah menjadi aktivitas masyarakat Indonesia misalnya untuk bekerja, berkendara santai atau bahkan touring perjalanan jauh bersama komunitas menggunakan sepeda motor.

Dalam berkendara, ada beberapa faktor yang membuat terjadinya kecelakaan, misalnya dari pengendaranya sendiri dan bisa pengendara lain, motor yang dinaiki, maupun faktor yang terakhir adalah dari jalan yang dilewati. Namun faktor yang paling utama bisa menyebabkan kecelakaan adalah faktor dari manusianya.

“Pada dasarnya ada beberapa tahapan penting yang harus dilakukan oleh manusia ketika sedang berkendara yaitu menganalisa situasi, mengambil keputusan, dan mengoperasikan kendaraan dengan baik. Satu kesalahan saja dapat menjadi penyebab besar akan terjadinya kecelakaan,” ujar Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora dilansir Jakselnews.com dari artikel galamedianews yang berjudul Pahami Prediksi Bahaya Bagi Pengendara Sepeda Motor Agar Selamat di Jalan Raya.

Oleh karena itu, untuk menghindari dan meminimalisir kecelakaan, pengendara harus mengetahui dan memprediksi apa saja yang bisa menyebabkan kecelakaan tersebut agar terhindar dari kecelakaan. Berikut adalah deretan kemungkinan penyebab terjadinya kecelakaan.

1. Pengendara lain

Salah satu kemungkinan pertama adalah pengendara lain, Di Indonesia sendiri banyak pengendaranya yang ugal-ugalan dan tidak mematuhi peraturan lalu lintas yang ada sehingga itu bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan. Maka dari itu kita sebagai pengendara harus jaga jarak dengan pengendara lain yang sekiranya menemukan pengendara seperti itu segara untuk menghindarinya.

2. Keadaan jalan dan cuaca

Kemungkinan kedua, keadaan jalan dan cuaca bisa menyebabkan kecelakaan di jalanan. Tentu, faktor jalan misalnya seperti adanya lubang-lubang di jalan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan, sama halnya dengan cuaca. Ketika sedang hujan sebaiknya anda melambatkan kendaraan anda karena kondisi aspal yang basah dan licin. Hal-hal seperti ini harus diketahui oleh pengendara agar terhindar dari kecelakaan,

3. Moda Transportasi

Moda transportasi juga bisa menyebabkan kecelakaan, yang biasanya terjadi adalah angkutan kota atau yang biasa disebut angkot. Angkot yang ingin menurunkan penumpangnya secara mendadak itu bisa menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu sebaiknya sebagai pengendara harus memprediksi hal-hal seperti itu agar terhindar bahaya di jalanan.

Maka dari itu sebagai pengendara kita harus tetap selalu fokus dan berhati-hati dalam berkendara, dan mematuhi peraturan lalu lintas yang ada. 

Jika ada suatu kendala eksternal atau internal ketika sedang berkendara sebaiknya berhenti terlebih dahulu memastikan apa penyebabnya. Jika tidak, hal-hal seperti itu bisa juga menyebabkan terjadinya kecelakaan.***

Editor: Setiawan R

Sumber: Galamedianews


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x