Esemka Masih Dinantikan, Vietnam Sudah Ngebut dengan Mobil VinFast-nya

- 24 September 2020, 13:21 WIB
VinFast President mobil buatan Vietnam. (Paultan.org)
VinFast President mobil buatan Vietnam. (Paultan.org) /Paultan.org

JAKSELNEWS.COM - Publik di Indonesia masih menunggu kejelasan bagaimana kelanjutan tentang mobil Esemka. Pasalnya meskipun dikatakan produk asli dalam negeri, mobil-mobil buatan Esemka jarang sekali terlihat oleh publik di jalanan umum di berbagai daerah. Masyarakat Indonesia pun menunggu kehadiran mobil Esemka.

Setelah sempat viral beberapa waktu, industri otomotif nasional asal Vietnam bernama Vinfast mengenalkan mobil SUV VinFast President dengan harga nyaris 3 miliar. Kini, merek tersebut sudah siap go internasional untuk masuk pasar otomotif yang ada di Amerika Serikat.  Hal ini berbanding jauh dengan mobil esemka yang tidak ada kabar terbarunya lagi.

Dalam siaran pers terbarunya VinFast menyatakan mereka siap merambah pasar otomotif AS pada tahun 2021. Mereka akan menginvasi industri otomotif 'Negeri Paman Sam' dengan produk mobil listrik yang sedang mereka siapkan, dikutip Jakselnews.com dari artikel pikiran-rakyat.com yang berjudul Esemka Belum Unjuk Gigi, Pabrikan Mobil Vietnam Berencana Kuasai Pasar Otomotif AS.

Pemilik dan produsen perusahaan mobil Vingroup, Pham Nhat Vuong menyatakan VinFast berminat untuk membangun brand Vietnam ini agar menjadi produsen otomotif kelas dunia. 

"Tantangan terbesar kami adalah produk Vietnam tidak memiliki merek yang go internasional. Bagi banyak teman internasional, Vietnam masih merupakan negara miskin dan terbelakang," jelas Pham pada rilisannya.

Demi menghilangkan stigma negara miskin tersebut, Pham rela untuk menginvestasikan uangnya sebanyak 2 miliar Dolar (setara dengan Rp 29 triliun rupiah)  demi bisa bersaing dengan produsen mobil lainnya yang berasal dari Eropa maupun Asia. Tidak hanya itu, VinFast menjanjikan mobil listrik yang mereka buat nanti akan seheboh SUV VinFast President yang mereka rilis beberapa waktu lalu.***

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x