Mulai Sering Hujan, Simak Bahayanya Air Hujan pada Cat Mobil

- 25 September 2020, 09:20 WIB
Ilustrasi cat mobil kena hujan. (Pixabay)
Ilustrasi cat mobil kena hujan. (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Beberapa hari belakangan sebagian wilayah yang ada di Indonesia sudah mulai kembali diguyur oleh hujan deras. Salah satunya seperti yang terjadi di wilayah JABODETABEK  yang mulai diguyur oleh rintik air hujan pada akhir pekan kemarin.

Hujan pun membuat para pemilik kendaraan harus mulai mempersiapkan perawatan khusus bagi kendaraan mereka. Ini dikarenakan, adanya bahaya yang bisa mengancam estetika mobil ketika diguyur air hujan. Mobil yang biasanya digunakan saat kering, tiba-tiba kembali diguyur oleh hujan deras yang terjadi sepanjang hari, bisa menyebabkan cat mobil rusak dan bisa mengancam estetika mobil itu sendiri.

Ini penyebabnya adalah, karena kadar air hujan diketahui tidak sama dengan air biasa dan bisa merusak mobil kesayangan anda. Lalu apa saja masalah yang bisa timbul pada cat mobil jika tidak langsung dibersihkan ketika terkena hujan?

Dilansir jakselnews.com dari artikel Pikiran-Rakyat.com yang berjudul Mulai Sering Hujan, Simak Bahayanya Air Hujan pada Cat Mobil Inilah beberapa penyebab bahaya yang mungkin muncul pada cat mobil yang terlalu sering terkena air hujan.

1. Menimbulkan Jamur

Bedanya air hujan dengan air biasa untuk mencuci mobil adalah di kandunganya, Air Hujan mengandung kadar asam yang berbeda dengan air yang digunakan pada saat sedang mencuci mobil. Karenanya, kadar asam yang tinggi ini bisa menyebabkan tumbuhnya parasit jamur pada bodi atau kaca mobil Anda. Bahkan, bila air hujan tak sengaja masuk ke dalam kabin melalui alas sepatu atau tetesan air yang dibawa ketika Anda masuk ke dalam mobil, jamur bisa saja tumbuh di dalam interior mobil kita. 

2. Kualitas Warna Berkurang

Kadar asam yang tinggi pada air hujan juga bisa menyebabkan korosi pada cat mobil. Korosi adalah perubahan warna yang terjadi akibat zat kimia dari air hujan. Kondisi ini pun secara tak langsung dapat berdampak pada warna cat mobil Anda.Warna mobil akan berubah menjadi lebih kusam dan pudar dari sebelumnya. Bahkan, dapat menimbulkan karat pula.

Lantas demi menghindari hal itu semua terjadi, apa yang harus dilakukan? Sebisa mungkin jika mobil sudah terkena air hujan harus langsung dibasuh dengan air biasa kemudian dicuci menggunakan sabun. Dengan tindakan yang cepat maka hal-hal seperti itu bisa teratasi dan mobil tetap terjaga.***

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x