Tips Mengendarai Motor Offroad bagi Pemula

- 10 Oktober 2020, 07:39 WIB
Motor Trail atau Motor Offroad. (Pexels/Daniel)
Motor Trail atau Motor Offroad. (Pexels/Daniel) /Pexels/Daniel

JAKSELNEWS.COM - Sepeda motor memiliki banyak sekali jenisnya, salah satu sepeda motor yang kini menjadi tren yaitu sepeda motor trail atau offroad. Sepeda motor ini terbilang cukup sulit dikendarai bagi orang awam yang belum terlatih.

Sepeda motor ini memiliki fungsi yang fleksibel, bisa digunakan untuk berkendara di alam terbuka maupun jalan umum. Motor trail memang dikenal sebagai jenis sepeda motor yang mampu berjalan di segala jenis medan.

Salah satu kelebihannya yaitu dapat melibas jalanan terjal, berlumpur, dan berbatu. Motor ini juga mempunyai ground clearance lebih tinggi dibandingkan motor lainnya dan memiliki suspensi yang bisa meredam getaran ekstrem saat melintasi jalur yang tidak rata. Mesinnya juga dirancang dengan tetap memperhatikan durabilitas, power, dan akselerasi.

Namun bagi Anda yang baru belajar menunggangi motor offroad, terdapat beberapa perbedaan mendasar jika dibandingkan menggunakan sepeda motor biasa.

Yamaha Riding Academy (YRA) membagikan beberapa teknik dalam mengendarai motor offroad yang bisa digunakan bagi para pengendara pemula. Yamaha memberikan tips mengendarai motor trail, berhubungan dengan makin banyaknya pengendara yang suka mengendarai motor trail WR 155 YR keluaran pabrikan mereka.

Berikut ulasan singkatnya menurut Yamaha Riding Academy (YRA), Sabtu (3/1), seperti dikutip dari Antara.

Saat akan naik sepeda motor trail

- Posisi pengendara di sebelah kiri motor karena lebih memudahkan untuk menaiki motor dengan ukuran bodi yang tinggi. Jangan lupa naikkan standar samping setelah Anda duduk.

- Posisi handle/stang dibelokkan ke kanan dan disarankan menarik tuas rem depan agar motor tidak bergerak.

Saat berbelok

- Arah pandangan ke arah tujuan berikutnya supaya fokus ke jalur yang akan dituju dan mengetahui kondisi di jalur tersebut.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Antara


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x