Wajib Diketahui! Ini Kerugian Terlalu Sering Menyemir Ban

- 15 Oktober 2020, 12:55 WIB
Menyemir ban. (Pexels/Mike)
Menyemir ban. (Pexels/Mike) /Pexels/Mike

JAKSELNEWS.COM - Anda yang menginginkan mobil atau motor tampil maksimal pasti sudah terbiasa menyemir ban atau memoles bodi hingga tampilanya yang mengkilap dan terlihat seperti baru. Hal itu bagus untuk nilai estetis atau keindahan sebuah mobil atau motor.

Tapi jika dilakukan terus menerus, menyemir ban ternyata bisa membuat ban menjadi buruk. Ini tentunya merugikan. Dilansir Jakselnews.com dari artikel Pikiran-rakyat.com berjudul Jangan Asal Hitam, Ternyata Aktivitas Semir Ban Bisa Merugikan Lho, menyemir ban jika dilakukan secara tidak benar, bisa menyebabkan ban menjadi rusak.

Tidak hanya itu, ban juga nantinya akan terlihat menjadi kusam serta belang. Ini pada akhirnya akan mengurangi penampilan dari kendaraan Anda. Yang lebih berbahaya, jika terlalu sering disemir, akan muncul beberapa keretakan pada ban. Hal ini diakibatkan cairan semir ban yang memiliki kandungan kimia yang justru bisa merusak ban itu sendiri.

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk menghindari dampak negatif tersebut:

1. Pertama, jangan semir ban setelah kendaraan habis dicuci. Ini karena dinding ban justru akan mengalami pecah-pecah dan mengakibatkan ban mudah bocor.

2. Kedua, untuk mengurangi efek negatif dari semir ban, Anda dapat menggunakan semir yang mudah hilang jika disiram air. Setelah itu, selain menyemir ban Anda juga dapat membersihkan ban dengan cara menyikatnya menggunakan sabun. 

(Alza Ahdira/Pikiran-Rakyat.com)***

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x