11 Cara Mencuci Motor yang Benar agar Tidak Merusak Motor, Bikers Masuk!

- 1 November 2020, 20:49 WIB
Ilustrasi orang mencuci motor. (Pexels/Ivan Oboleninov)
Ilustrasi orang mencuci motor. (Pexels/Ivan Oboleninov) /Pexels/Ivan Oboleninov

JAKSELNEWS.COM - Kegiatan mencuci motor wajib dilakukan secara rutin. Karena, dengan mencuci motor dengan rutin akan membuat penampilan motor menjadi terlihat bersih, dan komponen-komponen yang ada di motor pun terhindar dari kotoran yang menempel.

Perlu diperhatikan, Anda tidak bisa sembarangan mencuci. Dikarenakan, apabila terjadi kesalahan pada saat mencuci motor, maka yang terjadi adalah motor tersebut bisa saja mengalami kerusakan.

Ade Rohman, selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan, mencuci motor dengan baik dan benar bisa menghindari adanya kerusakan yang mengakibatkan memburuknya kinerja mesin sepeda motor. Dilansir Jakselnews.com dari artikel Pikiran-Rakyat.com yang berjudul Bikers Wajib Tahu ini, 11 Cara Mencuci Motor yang Baik dan Benar

Untuk itu, Ade memberikan beberapa tips yang harus diperhatikan dan dihindari saat mencuci motor agar tidak menimbulkan kerusakan. Apa saja? Simak selengkapnya berikut ini:

1. Sebelum mencuci motor, pastikan mesin sudah dingin

Sebelum mencuci sepeda motor, pastikan terlebih dahulu mesin sudah dalam keadaan kondisi dingin.

“Karena bagian logam pada komponen motor yang masih panas, jika bersentuhan dengan air dingin saat mencuci adalah hal yang bertentangan,” kata Ade.

2. Jangan langsung disabuni

Ketika mesin sudah dalam keadaan dingin, bilas terlebih dahulu semua permukaan sepeda motor dengan air bersih sampai kotoran yang menempel pada bagian bodi sepeda motor hilang.

“Hati-hati terhadap Kotoran yang menempel di bagian panel bodi karena dapat merusak lapisan cat,” ujar Ade.

3. Hindari pakai sembarang sabun

Cuci kendaraan dengan cairan sabun khusus berbahan cair. Perlu berhati-hati jika menggunakan bahan kimia saat mencuci seperti halnya deterjen bubuk atau sejenisnya, karena dapat merusak dan memudarkan warna pada lapisan cat bodi sepeda motor.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x