Sandiaga Uno Ungkap Hanya Vaksin Ini yang Mampu Pulihkan Pariwisata Indonesia

- 28 Desember 2020, 13:48 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno menggelar rapat bersama para Kepala Dinas untuk membahas pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. (Twitter.com/@sandiuno)
Menparekraf Sandiaga Uno menggelar rapat bersama para Kepala Dinas untuk membahas pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. (Twitter.com/@sandiuno) /Twitter.com/@sandiuno

JAKSELNEWS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengaku sedih karena banyak masyarakat Indonesia yang kehilangan pekerjaannya akibat pandemi Covid-19.

Sandiaga Uno mengatakan bahwa perlunya kolaborasi pemerintah dengan masyarakat untuk membangun bangsa dan negara Indonesia.

"Saya terenyuh sekali jutaan masyarakat telah kehilangan pekerjaan, mereka kehilangan jam kerja sehingga pendapatan mereka turun drastis. Kita harus berkolaborasi untuk membangun bangsa dan negara, khususnya membangun pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga Uno sebagaimana dikutip Jakselnews.com dari artikel Pikiran Rakyat yang berjudul Optimis Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno: Urat Pesimis Saya Sudah Putus.

Menparekraf Sandiaga Uno juga mengingatkan seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) untuk bergerak cepat untuk pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air. 

Sandiaga meminta pemda untuk menumbuhkan penyediaan atau supply yang meliputi persiapan destinasi wisata, membangun infrastruktur, menciptakan dan membangun daya tarik, monitoring protokol CHSE di setiap destinasi wisata, peningkatan kualitas SDM, serta peningkatan kualitas dan kuantitas produk ekonomi kreatif.

Pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif dilakukan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan, memperluas konektivitas wisatawan, pemberian insentif atau paket wisata, optimalisasi kegiatan MICE di destinasi wisata.

Selain itu, pertumbuhan ini untuk pemberian intensif peningkatan daya beli produk lokal dan penciptaan lapangan kerja serta hibah pariwisata melalui transfer daerah untuk hotel, restoran, dan pemerintah daerah.

"CHSE ini adalah sebuah vaksin daya tahan dan daya bangkit bagi pariwisata dan ekonomi kreatif. Jadi sebelum vaksin ada, kita punya vaksin pariwisata untuk mendorong pelaku usaha, jadi tugas kita untuk mensosialisasikan sertifikasi CHSE ke depannya," ujar Sandiaga.

Pada 2020 sebanyak 6.626 pelaku pariwisata tersertifikasi CHSE sudah tercapai. Sandiaga ingin tahun depan bisa bertambah.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x