Dampak Kebakaran Kilang Balongan pada Kondisi Pasokan BBM di Dua Daerah

- 30 Maret 2021, 11:55 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina di Kota Tasikmalaya.
Ilustrasi SPBU Pertamina di Kota Tasikmalaya. /Pikiran-rakyat.com/Asep MS/

JAKSELNEWS.COM – PT Pertamina (Persero memastikan stok BBM nasional aman. Hal tersebut disampaikan menanggapi soal kebakaran kilang Balongan di Indramayu.

Tiga daerah yang mendapat suplai dari kilang Balongan, yaitu Balongan, Cikampek dan Plumpang terbilang aman. Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono mengatakan, untuk Plumpang disuplai melalui pipa, sehingga stoknya tidak tinggi karena setiap saat bisa dipompa dari terminal BBM Balongan.

Maka, untuk Plumpang, stok gasoline cukup untuk 12-13 hari ke depan dan solar 13 hari ke depan. Sedangkan stok gasoline Cikampek cukup untuk 13 hari dan solar 10 hari.

Baca Juga: Panjang 330 Meter! Kapal Tanker Raksasa Pesanan Pertamina Lakukan Uji Coba di Jepang

Mulyono juga menegaskan, stok gasoline tercatat ada 10,5 juta barel dan diperkirakan cukup untuk 27-28 hari ke depan.

“Jadi tidak ada masalah untuk gasoline karena permintaan 390 Mb atau 62,5 ribu kiloliter,” ungkap Mulyono dalam konferensi pers, Senin 30 Maret 2021.

Sementara itu, untuk stok solar tersedia 8,8 juta barel atau cukup untuk 20 hari ke depan. Sedangkan Avtur masih tersedia 3,2 juta barel atau cukup untuk 74 hari konsumsi.

Baca Juga: Ini Profil Kilang Balongan yang Terbakar, Berperan Penting dalam Ekonomi Negara

“Jadi sekali lagi, tidak perlu panic. Stok masih sangat banyak, sangat berluber. Ini karena kondisi belum normal jadi konsumsi belum banyak,” ujarnya. ***

Editor: Setiawan R

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x