Anugerahkan SNI Pasar Rakyat, Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional

- 8 Desember 2021, 18:00 WIB
Wamendag Jerry Sambuaga
Wamendag Jerry Sambuaga /Twitter.com/@Kemendag

JAKSELNEWS.COM - Salah satu strategi pemulihan nasional dilakukan dengan membangun dan merevitalisasi pasar rakyat. Demikian dikatakan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam penganugerahan sertifikat Standar Nasional Indonesia Pasar Rakyat (SNI Pasar Rakyat) kepada tujuh pasar rakyat hari ini, Rabu (8/12).

Menurutnya revitalisasi pasar rakyat bukan melulu soal pembangunan fisik tetapi juga nonfisik seperti pengelolaan pasar. "Konsep revitalisasi pasar rakyat tidak hanya sekadar pembenahan bangunan fisik, tetapi juga nonfisik yang terkait dengan pengelolaan pasar dan integrasinya dengan sektor lain,”kata Wamendag Jerry.

Ketujuh pasar rakyat yang mendapat Sertifikat SNI Pasar Rakyat yaitu Pasar Pusat Padang Panjang, Pasar Gentan Sleman, Pasar Cisalak Depok, Pasar Gunung Batu Bogor, Pasar Bauntung Banjarbaru, Pasar Gantung Belitung Timur, dan Pasar Paddys Market Kendari.

Baca Juga: Genjot Kualitas dan Kuantitas, KemenKopUKM Fasilitasi Inkubasi Wirausaha

Dalam keterangan pers Kementerian disebutkan, penganugerahan berlangsung di Pendopo Rumah Dinas WaliKota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Wamendag Jerry menambahkan, revitalisasi fisik dan manajemen pasar rakyat berpedoman pada SNI Pasar rakyat yang telah mengalami pembaruan dari edisi tahun 2015, yaitu dengan menambah persyaratan yang mengakomodasi perkembangan zaman.

Persyaratan-persyaratan tersebut terkait dengan digitalisasi dan aktivasi pasar, pengelolaan berkelanjutan, penerapan protokol kesehatan, dan perubahan lainnya.

SNI Pasar Rakyat dapat membuat manajemen pengelolaan pasar rakyat menjadi lebih profesional sehingga memberi kenyamanan bagi pengunjung pasar.

Baca Juga: Menteri Teten Pastikan Debitur KUR Korban Semeru Dapat Perlakuan Khusus

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: kemendag.go.id


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x