Film Mulan Terancam Diboikot Akibat Postingan Tweet Liu Yifei

- 8 September 2020, 14:30 WIB
Pemeran Mulan, Liu Yifei. (Sepasi)
Pemeran Mulan, Liu Yifei. (Sepasi) /Sepasi

JAKSELNEWS.COM - Artis kelahiran China yang menjadi bintang utama film Mulan, Liu Yifei atau Crystal Liu saat ini sedang mengalami tantangan dalam penayangan filmnya. Diketahui Aktivis dan Politikus Hong Kong Joshua Wong menyerukan boikot untuk film Mulan.

Pemboikotan itu dilakukan setelah Liu Yifei memposting sebuah status dukungannya kepada polisi Hong Kong di Sina Weibo, salah satu media sosial asal China yang mirip dengan Twitter.

Dikutip Jakselnews dari artikel Galamedia, Wong menyerukan kepada masyarakat untuk memboikot film tersebut dengan premis hak asasi manusia dan kebebasan.

"Disney menjilat Beijing dan karena Liu Yifei mendukung tindakan brutal polisi di Hong Kong, maka saya sarankan semua pihak yang memiliki keyakinan terhadap HAM untuk #BoycottMulan," demikian status Wong, dilansir Jakselnews pada Senin, 7 September 2020 dari artikel Galamedia.pikiran-rakyat.com berjudul Gara-gara Unggahan Status, Aktivis dan Politisi Hong Kong Serukan Aksi Boikot Film Mulan.

Mengetahui postingan status Wong, banyak warga internet China yang tersulut rasa nasionalisme mereka, sehingga banyak warganet yang memutuskan untuk membeli tiket film Mulan.

Saya tidak ingin nonton film ini, tapi karena komentar Wong, saya memutuskan membeli tiketnya," demikian seorang warganet di Weibo.

"Tujuan kelompok separatis itu tidak menolak Mulan secara keseluruhan, tapi memanfaatkan nama Mulan untuk mendukung apa yang disebut demokrasi dan kebebasan sekaligus untuk mendiskreditkan China," demikian warganet lainnya.

Kritikus film asal Beijing, Shi Wenxue mengatakan apabila di Hong Kong semakin banyak kaum separatis yang memanfaatkan media daring, hal tersebut mampu meningkatkan rasa patriotisme para penggemar film China yang dapat memberi keuntungan film box office tersebut.

Film Mulan sendiri telah ditayangkan pada tanggal 4 September 2020, dan selanjutnya akan ditayangkan di China pada tanggal 11 September 2020.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x