Menlu AS Desak China Agar Transparansi Penuh Tentang Asal-usul Virus Corona.

- 17 Juni 2021, 12:35 WIB
Menlu AS, Antony Blinken bertemu PM Israel Benjamin Netanyahu pada Selasa, 25 Mei 2021 di Yerusalem.
Menlu AS, Antony Blinken bertemu PM Israel Benjamin Netanyahu pada Selasa, 25 Mei 2021 di Yerusalem. /Reuters/Menahem Kahana/Pool via Reuters./

JAKSELNEWS.COM - Menteri luar negeri Amerika Serikat, Anthony Blinken menekankan perlunya kerja sama dan transparansi mengenai asal-usul corona. Hal itu ia sampaikan dalam panggilan telepon dengan pejabat China, Yang Jiechi pada Jumat, 11 April 2021.

Selain asal-usul corona, Anthony Blinken juga mengangkat topik kontrorversial lainnya, termasuk perlakuan China terhadap Muslim Uighur, Hongkong, dan Taiwan.

Disisi lain, Yang Jiechi menyebutkan tuduhan Anthony Blinken soal kebocoran corona di laboratorium Wuhan merupakan 'cerita tidak masuk akal'

Ia juga mengatakan kepada Blinken bahwa Amerika Serikat harus menangani  masalah terkait Taiwan 'dengan hati-hati dan tepat', menurut laporan penyiar negara CCTV

Baca Juga: Pemerintah Tidak Kenakan Pajak Sembako untuk Pasar Tradisional

Seruan China itu muncul menjelang KTT G7 di Inggris yang dihadiri oleh Presiden AS Joe Biden yang diperkirakan akan didominasi oleh upaya yang dipimpin Washington untuk melawan pengaruh China yang semakin besar.

Dua negara ekonomi terbesar dunia tengah berselisih mengenai berbagai masalah mulai dari Perdagangan dan Teknologi hingga Hak Asasi Manusia dan Virus Corona.

"Washington harus bekerja dengan Beijing untuk mengembalikan hubungan ke jalurnya," kata Yang, dikutip dari Reuters, Sabtu, 12 Juni 2021.

Dia juga menekankan Beijing dengan tegas menentang 'tindakan keji' atas pandemi, yang katanya digunakan untuk memfitnah China.

Baca Juga: Sempat Viral Video Sekelompok Anak Muda Menyelamatkan dan Melepaskan Penyu Kembali ke Laut

Sementara itu, Antony Blinken menyatakan keprihatinan AS atas memburuknya norma-norma demokrasi di Hong Kong dan genosida Muslim Uighur di wilayah Xinjiang China.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x